PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

  • Alvina Rahma Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar penerapan video pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar passing sepakbola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah 118 peserta didik yang terdaftar di kelas VII MTS Sunan Giri Driyorejo. Penelitian ini sampel yang digunakan pada kelas VII-A dengan jumlah 33 peserta didik dengan menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui uji tes yaitu kognitif dan psikomotor. Analisis data melibatkan statistik deskriptif, seperti Mean, Standar Deviasi, dan Presentase. Selain itu, dilakukan pula statistik inferensial, seperti uji normalitas dan uji wilcoxon. Penelitian ini menghasilkan peningkatan rata-rata nilai dari pretest ke posttest pada tes kognitif dan keterampilan. Pada tes pengetahuan, mean nilai peserta didik meningkat dari 44,6667 menjadi 82,7273, sedangkan pada tes keterampilan meningkat dari 73,4848 menjadi 86,6667. Data penelitian ini telah melalui uji normalitas dan menunjukkan hasil yang tidak berdistribusi normal. Maka dari itu dilanjutkan dengan uji wilcoxon dilakukan dan menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 untuk tes kognitif dan 0,000 untuk tes keterampilan. Dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan video pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar passing sepakbola peserta didik.

Kata Kunci: canva; hasil belajar; sepakbola

Abstract

This research aims to determine the influence and extent of the application of Canva-based learning videos on football passing learning outcomes. This research uses a quantitative approach with a pre-experimental method with a One Group Pretest-Posttest Design research design. The population in this study was 118 students registered in class VII MTS Sunan Giri Driyorejo. In this research, the sample used was class VII-A with a total of 33 students using cluster random sampling. Data collection was carried out through cognitive and psychomotor tests. Data analysis involves descriptive statistics, such as Mean, Standard Deviation, and Percentage. Apart from that, inferential statistics were also carried out, such as the normality test and the Wilcoxon test. This research resulted in an increase in the average score from pretest to posttest on cognitive and skills tests. In the knowledge test, the mean student score increased from 44.6667 to 82.7273, while in the skills test it increased from 73.4848 to 86.6667. This research data has gone through a normality test and shows results that are not normally distributed. Therefore, the Wilcoxon test was carried out and produced the Asymp value. Sig. (2-tailed) of 0.000 for cognitive tests and 0.000 for skills tests. With a significance value of less than 0.05, it can be concluded that there is a significant influence from the application of Canva-based learning videos on students' football passing learning outcomes.

Keywords: canva; learning results; football

Published
2024-02-12
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 16