PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING SEPAKBOLA

  • Erina Ayu Puspita Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Ridwan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan video pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar shooting sepakbola peserta didik dan seberapa besar peningkatan penggunaan video pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar shooting sepakbola peserta didik kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode preexperimental desain. Desain pada penelitian ini yaitu One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTS Sunan Giri Driyorejo yang berjumlah 118 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-C yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif yang meliputi Mean, Standar Deviasi dan Presentase. Statistik Inferensial yang meliputi uji Normalitas. Penelitian pengaruh  pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar  sepakbola pada peserta didik kelas VIII di MTS Sunan Giri Driyorejo ini menghasilkan bahwa adanya pengaruh  pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berupa peningkatan yang signifikan (t hitung kognitif 8,968 > t tabel 1,697) dan (t hitung keterampilan 8,574 > t tabel 1,697) dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada mata pelajaran PJOK materi  sepakbola setelah diberikannya perlakuan berupa  pembelajaran berbasis canva. Pengaruh yang dihasilkan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus presentase yaitu sebesar 94% pada ranah kognitif dan 51% pada ranah keterampilan.

Kata Kunci: canva; hasil belajar; shooting; sepakbola

Abstract

This research aims to find out: is there an effect of implementing Canva-based learning videos on the soccer shooting learning outcomes of class VII students at MTS Sunan Giri Driyorejo and how big is the increase in the use of Canva-based learning videos on the soccer shooting learning outcomes of class VII MTS Sunan Giri Driyorejo students. This study uses a quantitative approach. The method used in this research is the preexperimental design method. The design in this research is One Group Pretest- Posttest Design. The population of this study was all students in class VII MTS Sunan Giri Driyorejo, totaling 118 students. The sample for this research was class VII-C students, totaling 32 students. The data collection technique is in the form of a test. The data analysis technique used is descriptive statistics which includes Mean, Standard Deviation and Presentase. Inferential Statistics which includes the Normality test. Research on the influence of Canva-based learning videos on football learning outcomes for class VIII students at MTS Sunan Giri Driyorejo resulted in the influence of Canva-based learning videos on cognitive and skills learning outcomes in the form of significant improvement (cognitive t count 8.968 > t table 1.697) and (t skill calculation 8.574 > t table 1.697) with a Sig value. (2-tailed) of 0.000 < 0.05 in the PJOK subject of soccer material after being given treatment in the form of Canva-based learning videos. The resulting influence is based on calculations using a percentage formula, namely 94% in the cognitive domain and 51% in the skills domain.

Keywords: canva; learning result; shooting; football

Published
2024-02-12
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 16