PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA

  • Glennada Risty Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran dribbling dengan media canva merupakan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran tersebut dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang menerapkan video berbasis canva. Penerapan video berbasis canva menekankan pada pelaksanaan belajar dengan konsep audio visual yang lebih ber interaktif dan variatif. Pembelajaran dribling pada penelitian ini adalah pembelajaran langsung dan tak langsung dengan penerapan video pembelajaran yang berbasis canva. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh tentang pengaruh penerapan video pembelajaran berbasis canva pada hasil belajar dribling sepakbola dan Seberapa besar dampak pemakaian video pembelajaran berbasis canva pada hasil belajar dribbling sepakbola. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII MTS Sunan Giri Driyorejo, dengan sampel kelas VII B jumlah 34 peserta didik.  Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan  pendekatan kuantitatif. Design penelitian yang digunakan one group pretest-postest design. Melakukan penelitian sebanyak 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama dilakukan pretest atau sebelum diberi treatment dengan melakukan penilaian kognitif dan keterampilan, pertemuan kedua postest atau sesudah diberikannya video dengan penilaian kognitif dan juga keterampilan Hasil penelitian ini adalah penelitian ini mengenai pengaruh media canva terhadap hasil belajar dribbling pada sepakbola di MTS Sunan Giri menghasilkan bahwa adanya pengaruh media canva terhadap hasil belajar kognitf dan keterampilan berupa peningkatan yang signifikan 36% untuk nilai kognitif dan 6% untuk keterampilan.

Kata Kunci: Canva; hasil belajar; dribbling; sepakbola

Abstract

Dribbling learning using Canva media is learning that can improve student learning outcomes. This learning can be improved through learning that applies Canva-based videos. The application of Canva-based videos emphasizes the implementation of learning with a more interactive and varied audio-visual concept. Dribbling learning in this research is direct and indirect learning using Canva-based learning videos. This research aims to obtain information about the effect of applying Canva-based learning videos on soccer dribbling learning outcomes and the great success of the impact of using Canva-based learning videos on soccer dribbling learning outcomes. The population of this study were all class VII students at MTS Sunan Giri Driyorejo, with a sample of class VII B totaling 34 students. This research method is pre-experimental with a quantitative approach. The research design uses one group pretest-posttest design. Conduct research in 2 meetings. The first meeting was held pretest or before treatment was given by conducting a cognitive and skills assessment, the second meeting was posttest or after being given a video with a cognitive and skills assessment. The results of this research were this research regarding the influence of Canva media on dribbling learning outcomes in football at MTS Sunan Giri, which resulted that There is an influence of Canva media on cognitive and skills learning outcomes in the form of a significant increase of 36% for cognitive scores and 6% for skills.

Keywords: Canva; Learning results; dribbling; football

 

 

 

Published
2024-02-17
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 10