LITERASI FISIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN DAN KESEHATAN (FIKK): PERBEDAAN ANTARA AKTIVIS DAN NON-AKTIVIS
Abstract
Abstrak
Literasi fisik adalah kemampuan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap individu dan berdampak pada kehidupan dalam masa mendatang atau jangka panjang. Dalam penelitian ini, peneliti memiliki tujuan untuk mengukur perbedaan tingkat literasi fisik pada mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ilmu Olahraga di Universitas Negeri Surabaya. Peneliti menggunakan partisipan mahasiswa aktif angkatan 2018 Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 60 orang, terdiri dari kelompok aktivis yang aktif dalam organisasi dan non aktivis atau mahasiswa-mahasiswi yang tidak mengikuti kegiatan organisasi. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang mana peniliti telah mengetahui karakteristik sampel terlenih dahulu. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen Perceived Physical Literacy Instrument (PPLI) validitas sebesar 0,43 yang berarti kriteria validitas cukup, sedangkan reliabilitas dengan nilai sebesar 0,60 yang berarti tinggi. Instrumen telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia terdiri dari 9 item pertanyaan dan menggunakan skala likert. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan uji beda mann-whitney u yang diuji menggunakan SPSS 20. Hasil dalam penghitungan yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa aktivis dan non aktivis Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya memiliki literasi fisik tingkat sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan literasi fisik yang signifikan antara mahasiswa aktivis dan non aktivis dengan p-value sebesar 0.128 (p>0.05).
Kata Kunci: literasi fisik; mahasiswa aktivis; mahasiswa non aktivis
Abstract
Physical literacy is a ability that cannot be separated from the of individual life and has an impact on life in the future or long run. In this study, researchers aimed to measure differentces in physical literacy levels among students at the Faculty of Sports Science at Surabaya State University. Researchers used active student participants from the 2018 class of the Faculty of Sports Science, Universitas Negeri Surabaya, totaling 60 peolple consisting of activist groups who were active in organizations and non-activist or students who did not take part in oraganizational activities. The sample selection in this study used a purposive sampling technique where the researhcher knew the characteristic of the selected sample first. Data was collected using the Perceived Physical Literacy Instrument (PPLI) with a validity of 0.43, which means the validity criteria are sufficient, while the reliability value is 0.60 wich means high. The intrument has been translated into Indonesian and consist of 9 question items and uses a likert scale. Then the collected data wa analyzed using the Mann-Whitney u test using SPSS 20. The results showed that most of the activist and non-activist students had moderate levels of physical literacy. The results of the hypothesis test showed that there was no significant difference in physical literacy between activist and non-activist students with a p-value of 0.128 (p>0.05).
Keywords: physical literacy; activist student; non activist student
Downloads
Published
Issue
Section
