AKTIVITAS FISIK SISWA SMKN 2 BUDURAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Eko Septian Cahyo Ardiansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Setiyo Hartoto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pemerintah mengeluarkan surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pembelajaran dari rumah pada masa darurat COVID-19 akibat dampak Corona Virus Disease 19 (COVID-19) saat ini ada pada kegiatan pembelajaran. Surat edaran tersebut antara lain menyebutkan seluruh materi pelajaran diajarkan secara daring. Hal ini berdampak pada pembelajaran berbasis gerakan, termasuk pendidikan jasmani, olah raga, dan pendidikan kesehatan, karena aktivitas fisik siswa tidak dipantau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat aktivitas fisik siswa SMKN 2 Buduran di tengah pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan sampel sebanyak 60 orang (laki-laki = 7 orang dan perempuan = 53 orang) yang diambil melalui prosedur basic random sampling dari populasi siswa (laki-laki = 284 orang dan perempuan = 598 orang pada kelas X dan XI). Kuesioner Aktivitas Fisik Remaja (PAQ-A) adalah alat yang digunakan pada tahun 2004. Data dikumpulkan secara online menggunakan Google Formulir, dan rumus persentase digunakan untuk analisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat aktivitas fisik siswa SMKN 2 Buduran di tengah pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan sampel sebanyak 60 orang (laki-laki = 7 orang dan perempuan = 53 orang) yang diambil melalui prosedur basic random sampling dari populasi siswa (laki-laki = 284 orang dan perempuan = 598 orang pada kelas X dan XI). . Kuesioner Aktivitas Fisik Remaja (PAQ-A) adalah alat yang digunakan pada tahun 2004. Data dikumpulkan secara online menggunakan Google Formulir, dan rumus persentase digunakan untuk analisis.

Kata Kunci: aktivitas fisik; covid-19; siswa

Abstract

The government issued the circular letter of the Secretary General of the Minister of Education and Culture No. 15 of 2020 about the implementation of learning from home during the COVID-19 emergency due to the impact the present Corona Virus Disease 19 (COVID-19) has on learning activities. The circular letter states, among other things, that all subject matter is taught online. This has an impact on movement-based learning, including physical education, sports, and health education, since pupils' physical activity is not monitored. The aim of this study was to track the physical activity levels of SMKN 2 Buduran pupils in the midst of the COVID-19 pandemic. The study employed a descriptive quantitative methodology, utilizing a sample of 60 individuals (male = 7 and female = 53) drawn through a basic random sampling procedure from the population of students (male = 284 and female = 598 in the X and XI classes). The Physical Activity Questionnaire Adolescents (PAQ-A) was the tool utilized in 2004. Data was gathered online using a Google Form, and the percentage formula was utilized for analysis. The aim of this study was to track the physical activity levels of SMKN 2 Buduran pupils in the midst of the COVID-19 pandemic. The study employed a descriptive quantitative methodology, utilizing a sample of 60 individuals (male = 7 and female = 53) drawn through a basic random sampling procedure from the population of students (male = 284 and female = 598 in the X and XI classes). The Physical Activity Questionnaire Adolescents (PAQ-A) was the tool utilized in 2004. Data was gathered online using a Google Form, and the percentage formula was utilized for analysis.

Keywords: physical activity; covid-19; students

Published
2024-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 0