PROFIL TINGKAT KETERAMPILAN DASAR PERMAINAN BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER MAN 1 KOTA KEDIRI
Abstract
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik keterampilan dasar bermain bola voli seperti Passing atas, Passing bawah, Servis, dan Smash dimiliki siswa dan siswi di MAN 1 Kota Kediri saat bermain ekstrakurikuler. Salah satu program sekolah di luar kelas adalah ekstrakurikuler, yang bertujuan untuk membantu siswa menunjukkan minat, bakat, dan kreativitas mereka. Tujuan program adalah untuk mengambangkan dan memperluas kemampuan peserta didik dalam bidang keolahragaan dan kesenian yang diminati. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh 30 siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini juga menggunakan teknik total sampling, yang berarti seluruh siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan termasuk tes passing atas (Brady Wall Volley Test), tes passing bawah (Brumbach Forearms Pass Volleyball Test), tes smash (Stanley Spike Test), dan tes ketepatan servis (AAHPER). Dari 30 siswa yang mengikuti tes keterampilan bola voli, 12 siswa termasuk dalam kategori kurang atau 40,0%, 7 siswa termasuk dalam kategori baik atau 23,3%, 7 siswa termasuk dalam kategori sedang atau 23,3%, 2 siswa termasuk dalam kategori sangat baik atau 6,7%, dan 2 siswa termasuk dalam kategori sangat kurang atau 6,7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Bolavoli di MAN 1 Kota Kediri memiliki keterampilan bermain Bolavoli yang rendah.
Kata Kunci: keterampilan; bolavoli; ekstrakurikuler
AbstractThe purpose of this study is to find out how well the basic skills of playing volleyball such as top passing, bottom passing, serving, and smash are possessed by students at MAN 1 Kediri City when playing extracurriculars. One of the school programs outside the classroom is extracurricular, which aims to help students show their interests, talents, and creativity. The goal of the program is to develop and expand students' abilities in the fields of sports and arts that they are interested in. This descriptive research uses a quantitative approach using a survey method. The population of this study is all 30 students who participate in extracurricular activities at MAN 1 Kediri City. This study also uses a total sampling technique, which means all students and students who participate in extracurricular activities. Data were collected and analyzed using quantitative descriptive. The methods used include the top passing test (Brady Wall Volley Test), the bottom passing test (Brumbach Forearms Pass Volleyball Test), the smash test (Stanley Spike Test), and the service accuracy test (AAHPER). Of the 30 students who took the volleyball skill test, 12 students were in the poor category or 40.0%, 7 students were in the good category or 23.3%, 7 students were in the medium category or 23.3%, 2 students were in the very good category or 6.7%, and 2 students were in the very poor category or 6.7%. Thus, it can be concluded that students who take part in volleyball extracurricular at MAN 1 Kediri City have low volleyball skills.
Keywords: skill; volleyball; extracurricular
Downloads
Published
Issue
Section
