PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLING SEPAK BOLA
Abstract
Abstrak
Proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah sering menghadapi masalah-masalah, terutama terkait dengan kurangnya pemahaman dan penguasaan teknik dasar oleh siswa secara baik dan benar. Hal ini biasanya disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran yang sesuai sangat penting agar dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah Student Teams Achievement Division (STAD), yaitu model pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa untuk saling berinteraksi, memotivasi, dan membantu satu siswa dengan siswa lain dalam memahami materi dan meraih hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas model pembelajaran STAD dalam meningkatkan kemampuan dribbling sepak bola pada siswa SMPN 1 Sugio. STAD merupakan metode kolaboratif yang berfokus pada kerja sama dalam kelompok yang beragam guna mencapai pemahaman dalam materi dan hasil belajar yang optimal. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain satu kelompok, yang melibatkan pretest dan posttest. Kemampuan dribbling siswa diukur sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Data diperoleh melalui tes awal dan akhir, kemudian dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dribbling dengan skor N-Gain sebesar 0,4733, yang tergolong sedang. Dengan demikian, STAD dapat dianggap sebagai metode pembelajaran yang efektif untuk pendidikan jasmani, khususnya dalam materi sepak bola di tingkat SMP.
Abstract
The process of physical education learning in schools often encounters problems, particularly related to students’ lack of understanding and mastery of basic techniques in an accurate and proper manner. This is usually caused by unengaging teaching methods. Therefore, selecting an appropriate learning model is essential to help enhance students' knowledge and skills. One approach that can be applied is the Student Teams Achievement Division (STAD), a cooperative learning model that encourages students to interact, motivate, and assist one another in understanding the material and achieving optimal learning outcomes. This study aims to evaluate the effectiveness of the STAD learning model in improving soccer dribbling skills among students at SMPN 1 Sugio. STAD is a collaborative method that emphasizes group cooperation with diverse members to achieve better understanding and optimal academic results. The research was conducted using an experimental method with a one-group design, involving both a pretest and posttest. Students’ dribbling skills were assessed before and after the implementation of the learning model. Data was collected through initial and final tests, then analyzed using a paired t-test. The results showed an improvement in dribbling skills with an N-Gain score of 0.4733, categorized as moderate. Therefore, STAD can be considered an effective teaching method for physical education, particularly in soccer material at the junior high school level.
Downloads

