PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING KELAS XI PADA MATERI SEPAK BOLA SMA NEGERI 1 BABADAN

Authors

  • Fara Ferlika Azzahra Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Problem based learning, dribbling, sepak bola

Abstract

PJOK merupakan mata pelajaran penting dalam mendukung pertumbuhan fisik dan pengembangan jasmani. Keberhasilan pembelajaran PJOK dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Rendahnya hasil belajar dribbling pada pembelajaran sepak bola sering disebabkan oleh pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran problem based learning, yang mendorong siswa aktif dalam memecahkan masalah sehingga lebih memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar dribbling sepak bola siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babadan Ponorogo. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain Non Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini tidak dipilih secara acak, tetapi dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Sampel terdiri atas dua kelompok: kelompok eksperimen (XI4, 32 siswa) dan kelompok kontrol (XI3, 32 siswa). Penelitian dilaksanakan selama empat pertemuan dengan pemberian LKPD pada kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen baik pada pengetahuan maupun keterampilan dribbling (nilai p < 0.05). Uji Mann-Whitney juga menunjukkan perbedaan signifikan pada hasil posttest pengetahuan (p = 0.001) dan keterampilan (p = 0.001). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola, dengan peningkatan pengetahuan sebesar 48,1% dan keterampilan sebesar 23,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Alhafiz, M. F. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Dribbling Sepakbola Melalui Pendekatan Kooperatif Metode Teams Games Tournaments (TGT) Siswa Kelas VIII.1 SMPN 4 Pekanbaru. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Pekanbaru. https://repository.uir.ac.id/11897/

BAROROH, M. Z. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 197–202. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.655

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506

Cheval, B., Maltagliati, S., Saoudi, I., Fessler, L., Farajzadeh, A., Sieber, S., Cullati, S., & Boisgontier, M. P. (2023). Physical activity mediates the effect of education on mental health trajectories in older age. Journal of Affective Disorders, 336(May), 64–73. https://doi.org/10.1016/j.jad.2023.05.052

Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di UPTD SD Negeri Tapos 5 Kota Depok. Bima Journal of Elementary Education, 1(1), 1–8.

Fikri, A. (2017). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 89–102. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian, 3, 89–102.

Hadi Koeswara. (2023). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Perkakas Tangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Smkn 1 Cileungsi. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 83–96. https://doi.org/10.56127/jushpen.v2i2.888

Hamzah. (2019). Hubungankelincahan Dengan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Di Klub Ssb Gemilang. Jurnal Olahraga Indragi (J0I), 4(1), 57–69.

Hamzah, B., & Hadiana, O. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Passing Dalam Permainan Futsal. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(1), 1. https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.210

Herdianto, D., Sofyan, D., & Suhaemi, M. E. (2021). Problem Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Permainan Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.26418/jilo.v4i1.46720

Hewitt, J. H., & Karakuş, O. (2023). A machine learning approach for player and position adjusted expected goals in football (soccer). Franklin Open, 4(July), 100034. https://doi.org/10.1016/j.fraope.2023.100034

Hidayat, S. (2021). dartini,+8.+Adi+Kesuma+62-70. 8(April), 62–70.

Imawati, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. Patria Eduacational Journal (PEJ), 1(1), 87–93. https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.439

Inayah, V. (2009). Bab Ii Pbl. Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 28–69.

K. (2022). Fase Preliminar Fase A a Fase E Fase F Fase G & H. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, 53(9), 1–36. http://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOLOGICA-EF.pdf%0A???%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/viewFile/19239/18790%0A

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press, 298.

Mubarok, A., Sahroni, & Sunanto. (2021). Mann whitney test in comparing the students’ consultation results of entrepreneurial practice between male and female lecturers in economic faculty of Pamulang University. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 9–15.

Mugo, A. M., Nyaga, M. N., Ndwiga, Z. N., & Atitwa, E. B. (2024). Evaluating learning outcomes of Christian religious education learners: A comparison of constructive simulation and conventional method. Heliyon, 10(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e32632

Mukti, F. P., & Priambodo, A. (2021). Perbandingan Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning Dengan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola Kelas XI Di SMA Negeri 1 Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 313–319.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Rahmayanti Dewi, Resti Gustiawati, & Rolly Afrinaldi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327

Ramadan, G. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1. https://doi.org/10.33222/juara.v2i1.27

Retama, M. A., Dinata, M., & Jubaedi, A. (2018). Pengaruh Latihan Dribble 20 Yards Square Terhadap Kemampuan Menggiring Bola. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 14(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/jorpres.v14i2.23825

Riskayani, N. L. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.47192

Rudianto, D., Putri, N., Said, M., Anjani, J. M., Erliyani, F., & Muliawati, T. (2020). Pengaruh Hubungan E-learning Dalam Mata Kuliah MAFIKI di Institut Teknologi Sumatera Menggunakan Metode Wilcoxon. Original Article Indonesian Journal of Applied Mathematics, 1(1), 1–5.

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Saputra. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN DRIBBLING SEPAKBOLA PADA PEMAIN REMAJA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan dribbling sepakbola pada pemain remaja di saputraaditiya372@gmail.com Desa Suka Baru Bengkulu Utara . Jenis penelitian yang digunakan d. 4(1), 70–75.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155

Taufik, M. S., & Gaos, M. G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 43–54. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.540

Wiraguna, I. N., Agung Parwata, I. G. L., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pjok Peserta Didik Sma Di Kecamatan Bangli Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yusri, A. Z. dan D. (2020). upaya meningkatkan belajar dribbling permainan sepak bola melalui pendekatan taktis pada siswa kelas xi SMA Negeri 1 Kuala Behe. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820

Downloads

Published

2025-07-22

Issue

Section

Articles
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 0