SURVEI KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA UPT SDN 227 GRESIK
Keywords:
Survei, kebugaran jasmani, Siswa Sekolah DasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang berguna mengenai masalah yang diteliti dengan melibatkan siswa secara aktif sebagai subjek penelitian. Diharapkan penelitian ini akan menghasilkan hasil yang dapat membantu meningkatkan mutu pembelajaran di lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Partisipan penelitian adalah siswa kelas V di UPT SDN 227 Gresik yang berjumlah 15 orang. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti melakukan wawancara dan observasi kepada guru-guru di UPT SDN 227 Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di sekolah tempat penelitian dilakukan. Kemudian memberikan alat ukur berupa pacer test kepada siswa yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil survei tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V di UPT SDN 227 Gresik dapat dikatakan bahwa UPT SDN 227 Gresik memiliki tingkat kebugaran jasmani tertinggi pada kategori “rendah”, dengan jumlah 47% dari 15 siswa berada pada kelompok tersebut. Berdasarkan kategori tes pacer, kita dapat mengatakan bahwa anak-anak berada dalam kondisi yang lebih baik apabila mereka memperoleh skor yang lebih tinggi pada ujian pacer dan dalam kondisi yang lebih buruk apabila mereka memperoleh skor yang lebih rendah.
Downloads
References
Afandi, M. D. N., Hartati, S. C. Y., & Nasikin. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar kebugaran jasmani melalui pendekatan bermain. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 87–93. https://doi.org/10.55081/jumper.v4i1.1065
Agustavian, M. I. A., & Hartati, S. C. Y. (2013). Perbedaan bersepeda dan berjalan kaki ke sekolah terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 125–131. https://www.academia.edu/download/111266070/230792651.pdf
Ahyar, M. S. (2020). BAB III: Metodologi Penelitian.
Djumrah, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Siswa SMP Negeri 1 Bungku Timur Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 362. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2878
Erliana, E., & Hartoto, S. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(2), 225–228.
Irmansyah, J., Sakti, N. W. P., Syarifoeddin, E. W., Lubis, M. R., & Mujriah, M. (2020). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar: deskripsi permasalahan, urgensi, dan pemahaman dari perspektif guru. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 115–131. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.31083
Lutfiyani, A., Anggoro, T., Santoso, R., & Wijaya, F. (2024). Use of Information Technology on Students ’ Physical Activity. Champions : Education Journal of Sport , Health , and Recreation, 2(2). https://doi.org/10.59923/champions.v2i2.168
Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Unesa University Press.
Pratama, Y. N., Kusumawardhana, B., & Zhannisa, U. H. (2025). Analisis tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah dasar negeri 1 tamanrejo kecamatan sukorejo kabupaten kendal. Jurnal Ilmiah Penjas, 11(1), 239–250. https://doi.org/10.36728/jip.v11i1.4079
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 1–43.
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara. Presiden RI, 1, 1–53.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Yuliana, A., & Sugiharto. (2019). Survei Tes Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet SSB Putra Tugumuda Semarang Usia 14 Tahun. Journal of Sport Sciences and Fitness, 5(1), 14–18. https://journal.unnes.ac.id/sju/jssf/article/view/39496

