Authors

  • HARI PRIJANTO

Abstract

Abstrak

Dalam pembelajaran penjasorkes di SDN Gundih I/81 Surabaya telah melaksanakan pembelajaran dribbling sepak bola namun belum mencapai hasil yang optimal. Pada pembelajaran sebelumnya guru menggunakan model pembelajaran langsung yang memiliki kelemahan, yaitu: guru mendominasi dalam pembelajaran, kurangnya hubungan timbal balik, siswa individualis dan kurang kerjasama. Hal ini terlihat dari penilaian yang sudah dilakukan pada kelas V SDN Gundih I/ 81 Surabaya, terdapat 23 siswa atau 79,31 % mendapat kriteria kurang dan 6 siswa mendapat nilai 70 ke atas atau 20,68 % mendapat kriteria baik. Maka penelitian ini menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang menerapkan pendekatan pembelajaran kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) studi pada siswa kelas V SDN Gundih I/ 81 Surabaya. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan dalam ruang lingkup kelas yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Gundih I/ 81 Surabaya. Hal ini dikarenakan semua permasalahan yang muncul terdapat dikelas ini. Adapun jumlah seluruh siswa-siswinya berjumlah 29 orang dengan karakteristik jenis kelamin, laki-laki sebanyak 12 orang, sedangkan perempuan sebanyak 17 orang.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pada siklus 1, berhasil melampaui KKM sebanyak 16 siswa atau 55,17 % dikatakan hasil penerapan metode pembelajaran belum tuntas. Pada siklus 2, berhasil melampaui KKM sebanyak 25 siswa atau 86,20 %. Karena persentase lebih besar 75,00%, maka hal ini dapat dikatakan tuntas. Untuk rata-rata dribbling  sepak bola studi awal hasilnya sebesar 20,68% dan studi akhir hasilnya 86,20%. Maka peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sebesar 25,00 %.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Contextual Teaching and Learning (CTL), Dribbling sepak bola.

Abstract

In penjasorkes (health, sport and physical education) lesson in SDN (Elementary School) of Gundih I/81 Surabaya football dribbling learning has been performed but the result was not optimum. In previous learning teacher used direct learning model that has limitations including teacher dominates in learning, lack of feedback, students become individualist and lack of cooperation. It was seen from assessment that has been performed in student at grade V of SDN Gundih I/81 Surabaya where 23 students or 79.31% obtained inadequate criteria and 6 students obtained grade 70 or more or 29,68%^ obtained good criteria. Hence this research used contextual teaching and learning (CTL) that implemented learning approach on full student involvement process in order to find material learned and relate it with real life situation hence encourage student to be able to implement it in their life.

This research aimed to identify football dribbling learning result increase using study CTL on student at grade V SDN Gundih I/81 Surabaya. This study was experiment research using classroom action research or PTK. Subject of research was students at grade V SDN Gundih I/81 Surabaya. It was due to all problem raised in this class.  Total of students was 29 students with sex characteristic of 12 males and 17 females.

Research result was following: in cycle I, 16 students or 55,17% were able to surpass KKM and it was said that learning method implementation has not been completed. In cycle 2, 25 students or 86,.20% were successful surpassing KKM. Since the percentage was greater than 75,00% hence it could be said complete. For football dribbling initial mean was 20,68% and the final study the result was 86,20%. Hence football dribbling learning result increase using contextual teaching and learning (CTL) model implementation was 25,00%.

Keywords: Classroom Action Research (PTK), Contextual Teaching and Learning (CTL), Football Dribbling

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-14
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 87