PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR PUKULAN PENCAK SILAT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas XI SMKN 2 Bojonegoro)

Authors

  • HUDI SANTOSO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, Olahraga dan kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi siswa, karena sangat berpengaruh dalam perkembangannya. Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan bukan hanya untuk meningkatkan kebugaran jasmani, melainkan juga memberikan gerak bervariasi dan bermakna bagi siswa. Dari hasil pengamatan dalam proses pembelajaran penjasorkes seringkali seorang pendidik kurang maksimal dalam memberikan materi pembelajaran pencak silat, seperti halnya di SMKN 2 Bojonegoro. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang menguasai materi pencak silat yang telah ditetapkan dalam kurikulum dan mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Siswa merasa kesulitan dalam mempraktekkan gerakan-gerakan pencak silat dengan benar, Salah satunya adalah gerakan dasar pukulan pencak silat. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model Direct Instruction pada materi tersebut, karena model pembelajaran ini dirancang khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah. Sehingga melalui model ini, siswa dapat memahami setiap gerakan dan dapat mempraktekkan gerakan pencak silat dengan benar.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar pukulan pencak silat pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa kelas XI SMKN 2 Bojonegoro? (2) Seberapa besar perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar pukulan pencak silat pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa kelas XI SMKN 2 Bojonegoro?. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 62 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen kelas XI Teknik Instalasi Tenaga listrik 1 sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 1 sebanyak 32 siswa. Metode dalam analisis ini menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif.

Kesimpulan dalam penelitian adalah: (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar pukulan pencak silat pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa kelas XI SMKN 2 Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji t, didapat nilai (thitung 9,20> ttabel 1,670). (2) Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar pukulan pencak silat yaitu sebesar 61,34%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction.

Abstract

Health, sport and physical education is very important for students, because it is affected to their growth. Health, sport and physical education is not only improving physical abilities, but also giving various and meaningful movement for student. Through the observation during the learning process. Teacher often didn’t maximal in giving the pencak silat’s material, just like what happend in SMKN 2 Bojonegoro. It will cause the student can not mastering pencak silat’s material and the result is not maximal. The student find difficulty when demonstrating the movement of punch in pencak silat. Therefore, the researcher applying the direct instruction model for the material, because this learning model is designed to improve student’s learning about procedure and declaratif knowledge which constructed well and can be learned step by step. So, through this model, the students will understand every movement and able to demonstrate it well.

Statement of problems in this research was to determine: (1) Is there any influence to the implementation of direct instruction learning model to the result of punch pencak silat’s learning for health, sport and physical education on student class XI SMKN 2 Bojonegoro? (2) How big the influence of direct instruction learning model to the result of punch pencak silat’s learning for health, sport and physical education on student class XI SMKN 2 Bojonegoro?. The object of study was students of 11th grade of Senior High School 2 Bojonegoro with a number of samples taken were 62 students, in which they were divided into 2 groups: experimental group of 30 students and control group of 32 students. The method in this analysis used descriptive quantitative statistical methods. This research used a significance level of 0,05%.

The conclusion of this research are: (1) There is an influence to the implementation of direct instruction learning model to the result of punch pencak silat’s learning for health, sport and physical education on student class XI SMKN 2 Bojonegoro. It can be seen according to t test, obtain score (tcount 9,20 > ttable 1,670). (2) The gauge of the influence to the result of punch pencak silat’s learning is about 61,34%.

Keywords: Direct Instruction learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-14
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 110