PENILAIAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES TINGKAT SDN SE-KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • SHOHIBUT TAUHID

Abstract

Abstrak

Kinerja guru dalam proses belajar mengajar (PBM) menjadi salah satu bagian terpenting dalam mendukung terciptanya proses pendidikan secara efektif terutama dalam membangun sikap disiplin dan mutu hasil belajar siswa. Namun demikian ketika guru gagal meminimalkan perilaku menyimpang yang diperbuat siswa, sering kali membuat guru patah semangat dan malas dalam mengajar. Kinerja guru mempunyai spesifikasi/kriteria tertentu. Kinerja guru dapat dilihat dan diukur berdasarkan spesifikasi/kriteria kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru. Dalam beberapa tahun terakhir banyak guru pendidikan jasmani sekolah dasar yang telah bersertifikasi, yang seharusnya kinerja guru harus lebih meningkat daripada sebelumnya. Secara khusus tujuan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah:  Untuk mengetahui penilaian kepala sekolah terhadap kinerja guru penjasorkes tingkat sekolah dasar (SD) Negeri se-Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang dilakukan untuk menggambarkan fenomena tertentu. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait dengan fenomena, kondisi, atau variabel tertentu dan tidak dimaksudkan untuk melakukan pengujian hipotesa. Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri Se-Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur, dan waktu penelitian dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret tahun 2013 s/d awal bulan April tahun 2013. Variabel dalam penelitian ini adalah Penilaian Kepala Sekolah terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (Penjasorkes) SD Negeri Se-Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan.

Berdasarkan hasil penelitian penilaian kepala sekolah terhadap kinerja guru penjasorkes se-Kecamatan Bangkalan, sebagai berikut: 1. Rencana pelaksanaan pembelajaran secara umum berkategori baik, 2. Tahap pelaksanaan secara umum berkategori baik, 3. Keterampilan bertanya secara umum berkategori baik, 4. Memberikan penguatan secara umum berkategori baik. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa  Penilaian kepala sekolah terhadap kinerja guru penjasorkes tingkat SD Negeri se-Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan yang berjumlah 11 responden secara umum berkategori baik.

Kata Kunci: Penilaian kinerja, guru Penjasorkes

Abstract

Teacher performance on learning process as one of the important in supporting the creation of effective education process especially in build discipline attitude and student learning result quality. However, when teacher failed to minimize student inappropriate behavior, it often make teacher lost its spirit and lazy to teach. Teacher performance have certain criterion. Their performance can be seen and measured based on competence specification or criterion that must be possessed by every teacher. In last few years many physical education teacher that have certified, whereas their performance should be improve than before. Specifically, the purpose of research that was done : to find out the principal’s asessment to physical education teacher performance elementary school level on bangkalan sub dictrict bangkalan district     

Method in this study apply statistic descriptive that conducted to describe certain phenomenon. Data collection performed to obtain information that related with phenomenon, condition, or certain variable and not intended to conduct hypothesist testing. This research conducted on elementary school of whole Bangkalan District, East Java Province, and the research date is on mid of March 2013 until April 2013. Variable in this research is principal’s asessment to physical education teacher performance elementary school level on bangkalan sub dictrict bangkalan district 

Based on the principal’s assessment to physical education teacher performance elementary level School on Bangkalan District are as follows : 1) Planning lesson generally belong to good category, 2) implementation generally belong to good category, 3) Asking skill generally belong to good category, 4) Giving enforcement generally belong to good category. Thus, researcher can conclude that principal’s assessment to physical education teacher performance elementary level School on Bangkalan District that amountd of 11 respondent generally belong to good category   

Keywords: principal’s assessment, physical education, teacher performance

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-14
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 547