Abstract
Abstrak
Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (penjasorkes) memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Dalam hal ini dapat kita masukan kedalam program kurikulum sekolah khususnya pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Kebugaran jasmani mengandung pengertian tentang kemampuan jasmani seseorang dalam melakukan tugas kejasmanian sehari – hari secara optimal dan masih dapat melakukan kegiatan jasmani lainya tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti. Pembelajaran penjasorkes di SMAN 1 Kediri dilakukan di semua kelas, karena jam pembelajaran fullday dari jam 06.45 – 16.00 maka untuk pembelajaran penjasorkes dibagi menjadi dua yaitu jam pagi dan jam siang. Kelas pagi pembelajaran dilakukan pukul 06.45 – 08.15 dan 08.15 – 09.45 WIB. Sedangkan kelas jam siang pembelajaran dilakukan pukul 14.40 – 16.00 WIB.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui perbandingan kemampuan daya tahan jantung dan paru-paru antara siswa kelas XI pada pembelajaran penjasorkes pagi hari dengan siang hari di SMAN 1 Kediri. 2. Untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan daya tahan jantung dan paru-paru antara siswa kelas XI pada pembelajaran penjasorkes pagi hari dengan siang hari di SMAN 1 Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan perbandingan (Comparative Research). Instrument dalam penelitian ini menggunakan MFT, dengan analisa data menggunakan uji Mann Whithey Test.
Berdasarkan hasil MFT siswa kelas XI SMAN 1 Kediri pada kelas jam pagi dengan jumlah siswa sebanyak 20 dengan nilai rata-rata sebesar 30.025 dan nilai standar deviasi sebesar 7.34051. Sedangkan kelas jam siang dengan jumlah siswa 20 dengan nilai rata-rata sebesar 26.825 dan nilai standar deviasi sebesar 4.54855. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney Test menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak sebab sig 0,155 < alpha 0,05.
Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kemampuan daya tahan jantung dan paru-paru antara siswa kelas XI jam pagi dan jam siang, tetapi apabila dilihat dari nilai rata-rata kelas jam pagi mempunyai rata-rata yang lebih besar daripada kelas jam siang, dengan selisih rata-rata 3,2.
Kata Kunci : Daya tahan jantung dan paru-paru, siswa kelas pagi dan siang
Abstract
Physical education, sport and health ( penjasorkes ) give opportunity to student to involved their physical healthy. In this case, we can be present at work of school curriculum, especially in senior high school. Physical healthy has a meaning about personal physical ability when doing tasks of physically in daily life optimally and still capable to doing another tasks without meaningless jaded. Physical education in Senior High School 1 Kediri did in every class because of fullday, started on 6.45 – 16.00. That is why they have to split the time of physical education in two, between morning class and afternoon class. Morning class started on 06.45 – 08.15 and 08.15 – 09.45, while afternoon class began on 14-40 – 16.00.
The purpose of this research is, 1) For knowing about comparison cardiovascular and lungs endurance between class XI within physical education of morning class and afternoon class in Senior High School 1 Kediri. The type of research is using comparative research. Having MFT as a research instrument with data analysis using Mann Whitney Test.
Based on the result of MFT, class XI students of Senior High School 1 Kediri at morning class have 20 students with average value, 30.025 and 7.34051 on standart deviation value. Meanwhile, at afternoon class which have 20 students, got 26.825 on average value and standart deviation, 4.54855. Mann Whitney Test showed up that Ha was accepted and Ho was denied because of sig 0.155 < alpha 0.05.
With the result that analysis, there is no significant difference in cardiovascular and lungs ability between morning class and afternoon class, but if viewed from class average value, morning class got higher value than afternoon class, with average difference 3,2.
Keywords : Cardiovascular and Lungs Endurance, students of morning class and afternoon class.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

