HUBUNGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM BIDANG AKADEMIK TERHADAP KEMAMPUAN GERAK UMUM (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota MojokertoTahun Ajaran 2013/2014)

  • IRMA NURIAWATI

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup. Lembaga pendidikan yang tersebar luas di masyarakat seperti sekolah berperan sangat penting dilihat dari fungsi dan tujuannya untuk bangsa. Salah satu mata pelajaran yang mengajarkan tentang keterampilan gerak anak seperti pendidikan jasmani di sekolah, merupakan mata pelajaran yang menyeimbangkan  kemampuan kognitif dengan motorik anak. Semakin anak mampu menerapkan  pengetahuan pola pikirnya dalam aktivitas gerak secara nyata, maka tujuan pendidikan jasmani yang terdiri dari empat ranah dapat terwujud, yaitu jasmani, psikomotor, afektif, dan kognitif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan kognitif dalam bidang akademik terhadap kemampuan gerak umum.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dan desain penelitian yang digunakan adalah desain korelasional.Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto dengan jumlah populasi 307 siswa.Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dari 199 responden yang tidak terbiasa melakukan aktivitas berolahraga berdasarkan hasil pengisian angket kebiasaan berolahraga sebanyak 100 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes barrow motor ability untuk mengungkap kemampuan gerak umum siswa.

Dari hasil penghitungan statistik dapat menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kognitif dalam bidang akademik dengan kemampuan gerak umum yang dibuktikan dari nilai 0,60> 0,20dengan taraf signifikan 0,05 yang mengartikan bahwa dengan kemampuan kognitif yang baik dari siswa maka akan membantu perkembangan kemampuan gerak umum mereka. Dengan demikian akanmeningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran penjasorkes di sekolah. Besar hubungan antara kedua variabel diketahui sebesar  36,20%.

Kata Kunci: Kemampuan kognitif, kemampuan gerak umum

Abstract

Education is a process of human development that lasts lifetime. Education institutions that widespread in public as school have a role that viewed from function and purpose for nation. One of subjects that teach about skill motion child like sport education at school, are subjects that the balance of the cognitive ability with child’s motion. When the children are able to apply the knowledge, he thought pattern in  motion to real activity more and more, so the purpose of physical education consists of four domains namely physical, psychomotor, affective and cognitive can be realized.

This research is aims to find out the relationship of cognitive abilities in the academic lessons for general motor ability. This research is a correlational study with a quantitative approach, and the design of the research is a correlational design. Subjects in this study were students in 10th Grade Student of Senior High School 2Mojokerto City with a population of 307 students. Sampling using a random sampling technique from 199 respondents who are not accustomed to doing sports activities based on the results of the questionnaire sports habits of 100 students. Research instruments using the barrow motor ability tests to uncover general movement abilities of students.

From the calculation can be concluded that there was a significant relationship between cognitive abilities in academic lessons with general motor ability as evidenced by result  0,60 > 0,20 with significance level 0,05 that means that with good cognitive ability of students then will help the development of the general motor ability from their. Thus will improve the quality of learning and learning result of students on sports subjects in school. The relationship between the two variables is found to be 36.20 %.

Keywords : cognitive ability, general motor ability

Published
2014-11-22
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 22