PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET (Studi pada siswa kelas XI SMA Negeri I Sumenep)

  • HENDRA TRI JUWANDANA

Abstract

Abstrak

Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah secara umum peran guru masih sangat dominan sehingga siswa hanya menerima pelajaran dan mereka tidak dapat belajar sesuai dengan tahap perkembanganya. Oleh karena itu maka perlu diberikan suatu model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subyek belajar yang mana siswa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran. Pembelajaran permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam kurikulum pendidikan di sekolah, oleh karena itu dalam rangka menumbuhkan peningkatan kualitas siswa pada pembelajaran bola basket diperlukan bentuk-bentuk model pengajaran yang bervariasi dan menarik bagi siswa agar menimbulkan rasa senang dan gembira sehingga kemampuan siswa dalam permainan bola basket menjadi meningkat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap peningkatan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket, 2) besarnya peningkatan hasil belajar shooting bola basket setelah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumenep dengan total jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen sebanyak 38 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 37 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif desikriptif dan komparatif. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes shooting bola basket selama 30 detik.

Kesimpulan: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar shooting bola basket baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan kelas XI SMA Negeri I Sumenep. Hasil perbandingan uji t pada siswa laki-laki menunjukan nilai thitung 2,173 > nilai ttabel 2,042 dan hasil uji t siswa perempuan menunjukan nilai thitung 2,419 > nilai ttabel 2,021. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan peningkatan hasil belajar shooting bola basket siswa laki-laki sebesar 31,33% dan siswa perempuan sebesar 28,24%.

Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Shooting, Bola basket.

Abstract

In the implementation of physical education in school learning, teachers role is still very dominant so that students just receive a lesson and they can not learn according to the stage of it is development. Therefore it needs to be given a learning model that puts students as subjects in which students learn actively involved in every process of learning. Learning the game of basketball is one sport that is included in the curriculum of the school, therefore in order to foster improvement quality of students' learning of basketball required forms various and attractive teaching models to students for make a sense of fun and enjoy so that students' skills in basketball game to be increased.

The objectives of this research are to observe: 1) the effect of the implementation of Student Team Achievement Division (STAD) cooperative learning method in the learning result of basketball shooting, 2) how big the effect of the implementation of Student Team Achievement Division (STAD) cooperative learning method in the learning result of shooting the basketball. The target of this research is eleventh graders of  State Senior High School 1 Sumenep As the sample, researcher takes 75 students which are separated in 2 groups, 38  students are taken as experimental group and 37 students are taken as the control group. The method used in this analysis using statistical quantitative methods desikriptif and comparative. Data collection was done with basketball shooting test for 30 seconds .

Conclusions: (1) The effect of the implementation of Student Team Achievement Division (STAD) cooperative learning method to the students’ learning result make significant impact on the improvement of learning outcomes basketball shooting both male students and female students of eleventh graders of  State Senior High School 1 Sumenep. The results of ttest comparisons on male students shows the value of ttest 2.173 > 2.042 ttable value and female student ttest results shows the value of ttest 2.419 > 2.021 ttable value. (2) the implementation of Student Team Achievement Division (STAD) cooperative learning method give increase to the students’ learning result of basketball shooting male by 31.33% and 28.24% for female students.                                                                      

Keywords: Learning, Cooperative Type STAD, Shooting, Basketball 

Published
2014-11-22
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 70