PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LOMPAT KANGKANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) (Studi pada Siswa Kelas X-BB di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto)

  • NUR HIDAYATI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan penting yaitu untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar. Pengalaman belajar tersebut akan diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik dan membentuk pola hidup sehat dan bugar.

Ada beberapa macam bentuk model pembelajaran yang digunakan untuk mengajar. Dari berbagai model pembelajaran yang ada, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) tampaknya lebih bagus di gunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani karena model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, proses pembelajarannya menggunakan bentuk permainan dan memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks, dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab, kejujuran, kerjasama, persaingan sehat, dan keterlibatan belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi senam ketangkasan lompat kangkang pada kelas X-BB.

Hasil penelitian ini berdasarkan kemampuan senam ketangkasan lompat kangkang yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT selama dua siklus meningkatkan hasil belajar senam ketangkasan lompat kangkang di kelas X-BB. Sebelumnya dari 33 siswa di kelas tersebut yang lolos hanya 6 atau 18,18% orang saja. Setelah dilakukannya penelitian, pada siklus 1 meningkat menjadi 96,97% dan pada siklus 2 juga tetap sama yaitu 96,97%.

Kata Kunci : Model pembelajan kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), senam ketangkasan lompat kangkang, dan Hasil Belajar senam ketangkasan lompat kangkang.  

Abstract

Physical, sport, and health education, that taught in school have an important role to provide opportunities for students to directly involved insidevariety of learning experiences. The learning experience will be directed to foster a better physical growth and psychological development and also form a healthy and fit lifestyle

There are several different forms of learning models that are used to teach. From some various learning models that exist, Teams Games Tournament (TGT) type of cooperative learning model seems better to used in physical education teach because this type of cooperative learning is one of cooperative learning model type that is easy to implement, the learning process using game form and and allow students be able to learn more relax, cangrow sense of responsibility, honesty, cooperation, healthy competition, and learning involvement. The purpose of this research was to determine do the cooperative learning model type TGT can improve student learning outcomes in the gymnastic dexterity straddle vault material on the X-BB class.

The results of this research based on the ability of gymnastic dexterity straddle vault is the usage of cooperative learning model TGT type for two cycles improve learning outcomes gymnastic dexterity straddle vault in the X-BB class. Formerly in the classfrom 33 students only 6 or 18.18% of student that pass. After research, students who qualified in cycle 1 increased to 96.97% and in cycle 2 also increase become 96.97%.

Keywords: Teams Games Tournament type of Cooperative learning models, gymnastic dexterity straddle vault, and agility exercises Learning Outcomes straddle vault.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 440