PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES) TERHADAP MINAT SISWA

  • DINI RIA NINGSIH

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu juga dapat mempermudah siswa dalam mencapai prestasi belajarnya. Hal ini tentunya seorang guru harus mampu memberikan model pembelajaran dalam proses belajar  siswanya.

Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) salah satunya, merupakan pembelajaran yang terdiri dari aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Ini salah satu pembelajaran awal yang harus dikuasai oleh siswa. Dimana pembelajaran ini dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar. Oleh karena itu bagi seorang guru, PAKEM merupakan model pembelajaran yang akan mampu menarik siswa dalam belajar. Sehingga di dalamnya tidak terjadi pembelajaran yang monoton dan membosankan.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Banyuajuh 3 Kec.Kamal Kab.Bangkalan dengan dilakukan 2 kali tes (pre-test dan post-test). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan PAKEM oleh guru Penjasorkes terhadap minat siswa. Jenis penelitiannya adalah eksperimen. Eksperimen yaitu mengungkapkan informasi dari responden dengan memberikan perlakuan (treatment). Penelitian ini dilakukan dalam waktu 4 kali pertemuan. Disamping itu peneliti juga membagikan angket untuk mengetahui minat siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan PAKEM.

Hasil data diperoleh dari angket minat yang disebarkan pada 62 siswa SDN Banyuajuh 3 Kec.Kamal Kab.Bangkalan dengan menggunakan program komputer SPSS 18,00 for windows. Didapat data pre-test yaitu mean 87.24, standar deviasi 7.11 dan data post-test dengan mean 93.09, standar deviasi 5.95. Pada uji t (uji beda) hasil penerapan PAKEM diperoleh hasil uji statistik dengan nilai 0,001. Maka dapat disimpulkan ada perbedaaan yang signifikan terhadap minat siswa sebelum dan sesudah penerapan PAKEM.

Berdasarkan penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) oleh guru Penjasorkes dapat meningkatkan minat belajar siswa sebesar 6,7%.

Kata Kunci : Pelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM), minat siswa.

Abstract

A model in teaching learning process very influential in improving students’ learning outcomes. Besides, it can make students’ easier to improve their academic achievement. In this case, teacher should be able to give learning model in his students’ learning process.

The application of PAKEM is one of learning model which is contain of active, creative, and fun. This model is the first learning which has to be mastered by the students. It can be increase students interest in learning. Therefore, for the teacher, PAKEM is one of model which can attract the students’ in learning and avoid from monotonous and boring learning.

This study conducted at Banyuajuh 3 Elementary school subdistrict of Kamal at Bangkalan Regensy. There were teo test ; pre-test and post-test. The purpose of this study was to know the application of PAKEM by Penjasorkes teacher to the students’ interest. This study conducted to be an experimental research. Experimental research is research that aimed to find out the effects of treatment. The treatment conducted in four times. Besided, the researcher divided questionaire, in order to know the students’ interest in teaching and learning process by using PAKEM model.

The result of this study obtained from the students’ quetionaire which is distributed into 62 student of Banyuajuh 3 Elementary school subdistrict of Kamal by using computer SPSS 18.00 for windows program. The data showed that the mean was 87,24 for pre-test and 93,09 for post-test. While, the standart deviation was 7,11 for pre-test and 5,95 for post-test. The result of t-test obtained from the application of PAKEM was 0,001. Therefore it can be concluded that there were significant differences of students’ interest before and after the implementation of PAKEM.

Based on this data, this study indicated that the application of active, creative, effective, and fun (PAKEM) by the Penjasorkes teacher had improved students’ interest in learning about 6,7 %.

Keywords : active learning, creative, effective and fun (PAKEM), interests of students.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 20