PEMANFAATAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN BOX JUMP TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA FLOP

  • DWI KHUSNUL WULANDARI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional dalam kerangka Sistem Pendidikan Nasional. Untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan pendidikan jasmani dan merubah paradigma yang ada dalam masyarakat, perlu adanya dukungan alat dan fasilitas yang memadai dan guru pendidikan jasmani yang profesional. Alat bantu pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan alat bantu seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru atau fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran karena merupakan alat penyampaian pesan kepada peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Apakah ada beda hasil belajar antara pretest dan posttest pemanfaatan alat bantu pembelajaran box jump untuk lompat tinggi gaya flop pada siswa VII SMP Negeri 21 Surabaya. 2) Seberapa besar perbedaan antara pretest dan posttest pemanfaatan alat bantu pembelajaran box jump untuk lompat tinggi gaya flop pada siswa VII SMP Negeri 21 Surabaya. Sampel penelitian di ambil berdasarkan Cluster Random sampling merupakan teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi individu yang menjadi anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel yaitu siswa VII SMP Negeri 21 Surabaya sebanyak 33. Metode dalam analisa ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan uji t (Independent Sample t-test), sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lompat tinggi gaya flop. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Hasil posttest sebesar 57,60% lebih baik daripada pretest
sebesar 6,06%.

Kata Kunci: pemanfaatan alat bantu, lompat tinggi gaya flop

 

Abstract

Physical education is learning process that utilize physical activities which planned systematically to develop and improve individual organically, neuromuscular, perceptual, cognitive, and emotional on nation education system. To improve the effectiveness of physical education implementation and change the paradigm which existed on society, it will need the support of proper tools and facilities and professional physical education teacher. Practice aid is one of the learning components that have important role on learning activity. The utilization of tool aid should be a part that must receive teacher’s attention or facilitator on every practice activity since is a message conveying tools to student. The problem formulation of this research was: 1) Is there any difference from the pretest and posttest learning result through the utilization of box jump practice aid to flop style high jump on student Class VII SMP Negeri 21 Surabaya. 2) How much difference between pretest and posttest the utilization of box jump practice aid to flop style high jump on student Class VII SMP Negeri 21 Surabaya. Sample of research taken based on Cluster Random sampling that is sampling technique which give equal opportunity to individuals that become the population members to be choosen to become sample member namely student Class VII SMP Negeri 21 Surabaya that number of 33 students. Method in this research apply desctiptive quantitative method and t test (Independent Sample t-test), while data collecting process conducted through flop style high jump. Research results can be conclude that : Posttest for flop style
high jump have better as much as 57.60% than pretest as much as 6.06%.

Keywords: aid utilization, flop style high jump

Published
2014-11-22
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 37