PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FOREHAND DAN BACKHAND TENIS MEJA (Studi Pada Siswa Kelas VIIE SMPN 3 Pamekasan)

  • ANA NAIMATUL JANNAH

Abstract

Abstrak

Cabang olahraga tenis meja merupakan salah satu cabangĀ  yang melibatkan keterampilan dasar yang kompleks. Dan model pembelajaran kooperatif diharapkan memberikan pengaruh terhadap hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan jasmani yang mementingkan 3 aspek.

Masalah-masalah penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar forehand dan backhand tenis meja pada siswa kelas VIIE SMPN 3 Pamekasan. Dan (2) seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar forehand dan backhand tenis meja pada siswa kelas VIIESMPN3 Pamekasan.

Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar forehand dan backhand tenis meja pada siswa kelas VIIE SMPN 3 Pamekasan. Dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar forehand dan backhand tenis meja pada siswa kelas VIIE SMPN 3 Pamekasan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dan desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah membuat format penilaian dan melakukan eksperimen pada kelas yang telah ditetapkan.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil (1) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar kognitif, dengan perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest sebesar 22,22 dan rata-rata hasil posttest sebesar 90. (2) pengaruh terhadap pengamatan afektif dengan perbedaan rata-rata pretest sebesar 33,389 dan rata-rata hasil posttest sebesar 70,694. (3) dan besar pengaruh sebesar 97,53% untuk forehand dengan hasil belajar sebesar 7,889 menjadi 15,583,serta 93,60% untuk backhand dengan hasil belajar awal 8,25 menjadi 15,972.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, hasil belajar, hasil belajar forehand dan backhand

Abstract

Sports table tennis is one of the branches of which involves a complex of basic skills. Cooperative learning model and is expected to exert influence on learning outcomes in accordance with the objectives of physical education is concerned with three aspects.

Problems of this research is (1) are there any learning model cooperative effect on the results of the learn table tennis backhand and forehand on grade VIIE State Junior High School 3 Pamekasan. And (2) How big is the influence of cooperative learning model of the learning results of forehand and backhand table tennis on grade VIIE State Junior High School 3 Pamekasan.

Based on the problem the purpose of this research is (1) to find out whether there is influence of cooperative learning model of the learning results of forehand and backhand table tennis on grade VIIE State Junior High School 3 Pamekasan. And (2) to find out how big the influence of cooperative learning model of the learning results of forehand and backhand ping-pong in grade VIIE State Junior High School 3 Pamekasan.

This type of research is quantitative. And design research used research is design experiment One Group Pretest-Posttest Design. Data collection methods the research is making the assessment format and experiment on pre-defined class.

Based on the analysis of the data, the results obtained (1) there is the influence of cooperative learning on cognitive learning results, with the average difference between the pretest and posttest of 22,22 and posttest results average of 90. (2) the effect on the observations of the affective with the average difference of 33,389 pretest and posttest results average 70,694. (3) and large influence of 97,53 % for forehand with the results of studying of 7,889 became 15,583 and 93,60% to backhand early learning with 8.25 being 15,972.

Keywords: cooperative learning model, results of the study, results of learning the forehand backhand.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 46