HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK TEKNIK DASAR DRIBBLE BOLA BASKET DALAM PENDIDIKAN JASMANI

  • ANDREA TEDY K

Abstract

Abstrak

Untuk berperan aktif pada kegiatan pembelajaran perlu diketahui seberapa besar motivasi siswa dalam mengikuti materi tersebut. Dengan mengetahui motivasi dari siswa, diharapkan guru penjas dapat mengembangkan apa yang menjadi motivasi siswa, salah satunya dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar dribble bola basket di kelas XI IPS 2 MAN Mojosari dan untuk mengetahui besarnya hubungan yang terjadi antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar dribble bola basket di kelas XI IPS 2 MAN Mojosari. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan hubungan antar variabel bersifat korelasional yaitu berupa hubungan sebab akibat dimana variabel yang satu menjadi penyebab dan ada variabel akibat. Pada penelitian ini populasi adalah keseluruhan siswa kelas XI MAN Mojosari yang berjumlah 287 siswa. Sedangkan sebagian kecil individu atau obyek yang dijadikan wakil dalam penelitian disebut sampel, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN Mojosari. Dari hasil perhitungan statistik dapat disimpulkan bahwa hasil uji korelasi didapatkan p value = 0,000 dan nilai r = 0,834, dimana p value (0,000) < alpha (0,05) berarti pada alpha 5% terlihat ada hubungan antara motivasi berprestasi dan hasil dribble bola basket siswa.

Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Dribble Bola Basket.

Abstract

To actively participate in learning activities should be known as a great student motivation in pursuing this material. By knowing the motivation of students, physical education teachers are expected to develop what motivates students, one of them in an effort to improve student achievement.  This study aims to determine the relationship between achievement motivation with learning outcomes dribble basketballs in class XI IPS 2 MAN Mojosari and to determine the relationship between achievement motivation with learning outcomes dribble basketballs in class XI IPS 2 MAN Mojosari. This type of research is descriptive quantitative with a correlational relationship between the variables are in the form of a causal relationship in which one variable is the cause and there is variable due. In this study population is a whole class XI student MAN Mojosari which amounts to 287 students. While a small proportion of individuals or objects used in the study is called a representative sample, and samples in this study were students of class XI IPS 2 MAN Mojosari. From the results of statistical calculations it can be concluded that the correlation of test results obtained p value = 0.000 and r = 0.834, where p value (0.000) < alpha (0.05) means that at 5% alpha seen no relationship between achievement motivation and the results of the basketball dribble students.

Keywords : Achievement Motivation, Dribbling Basketball

Published
2014-11-22
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 29