PENGARUH METODE PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING LAY UP BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dawarblandong, Mojokerto)

  • WAHYU IFANTO

Abstract

Abstrak

Metode pembelajaran merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar guru harus lebih bervariasi menentukan metode pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh. Metode pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan kondisi sekolah dan kemampuan siswa agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Salah satu metode yang dapat dipilih adalah metode pemberian tugas. Dengan metode pemberian tugas ini diharapkan dapat merangsang anak didik agar lebih giat belajar, lebih  bertanggung jawab, meningkatkan hasil belajar dan menyadarkan siswa untuk selalu memanfaatkan waktu senggangnya untuk hal-hal yang menunjang belajar dengan mengisi kegiatan-kegiatan yang positif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penugasan terhadap hasil belajar shooting lay up bola basket. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Dawarblandong menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang terpilih menjadi sampel adalah kelas X 7 berjumlah 38 siswa dan kelas X 6 yang berjumlah 36. Kemudian dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes praktek shooting lay up.

Dari hasil penghitungan statistik dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pemberian tugas dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar shooting lau up bola basket yang dibuktikan dari nilai  21,3273>  2,0315 dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya diketahui sebesar  38%..

Kata Kunci: Metode penugasan, hasil belajar, shooting lay up  bola basket

Abstract

This method of learning is one of the keys to success in learning activities. Teachers in the teaching and learning process should be more varied learning methods in order to determine the students do not feel bored. Learning method chosen should be appropriate to the conditions of the school and the learning ability of students to be able to take place effectively. One method that can be selected is the method of administration tasks. With the methods of this task is expected to stimulate the students to be more active learning, more accountable, improve learning outcomes and sensitize students to always take advantage of his free time for the things that support learning by filling in positive activities. This study aims to determine the effect on learning outcomes assignment method of shooting a basketball lay up . This research is descriptive quantitative approach to experiment with . Subjects in this study were students of class 10th Senior High School 1 Dawarblandong using cluster random sampling technique. Classes were selected to be sampled is the class numbered 38 student X 7 and X 6 grade students and the 36. Then divided into experimental group and control group. Using research instruments lay up shooting practice tests. From the results of statistical calculation can be concluded that there is a significant effect of assignment methods in teaching physical education on learning outcomes lau up shooting the basketball as evidenced from the value of 21.3273 > 2.0315 with a significance level of 0.05. While the greatest effect is found to be 38 %.

Keywords: Method of assignments, learning outcomes, shooting lay-up basketball

Published
2014-11-22
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 140