PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE SEPAKBOLA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi)

  • MUHAMMAD FUAD

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu ataupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik, melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan ketrampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak atau karakter. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, berhasil tidaknya pembelajaran ditentukan oleh peran guru sebagai pendidik yang berarti meneruskan dan mengembangkan keterampilan gerak pada peserta didik, sehingga proses pembelajaran pendididkan jasmani dapat berjalan dengan baik.

Banyak metode pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gerak dasar dribble. Akan tetapi dalam kenyataan dan praktik di lapangan masih terdapat banyak siswa yang masih belum paham akan materi yang di sampaikan oleh guru.Untuk itu di perlukan sebuah metode pembelajaran lain yang di rancang dengan menggunakan kemampuan teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble sepakbola kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng ini, dengan jumlah sampel 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelompok eksperimen (tutot sebaya) dan 27 siswa kelompok kontrol.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble sepakbola yang dibuktikan dari nilai thitung5,19>ttabel2,056dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya diketahui sebesar  28,31%.

Kata kunci: Metode tutor sebaya, hasil belajar, dribble sepakbola.

Abstract

Physical education is one of someone’s process as a person or society grup with consciously and systematic, through any activities to get ability and skill of physical, growth, intelligence, and built character. In physical education learning, would say it’s working or not, can be decided from teacher’s role as a educator which means developing move skill to students, until physical education learning process can be work.

Many learning method which used to increasing student’s ability to control dribble based move. But in fact, practically in field, there are many students who don’t understood yet about sub-subject who gave by teacher. For that reason, would needed to be another learning method which created using peer tutor’s ability in student class VIII SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi.

This research has purpose, 1) To know whether there is effect of peer tutor learning method can be increasing student’s learning result. 2) To see how big effect of peer tutor learning method to football dribble learning result in class VIII SMP Negeri 1 Genteng, with amount of samples 54 students, consist of 27 student in experiment group (peer tutor) and 27 students in control group.

Based on research has done, can take a conclusion that there is significant effect of peer tutor to football dribble learning result, which proven by value thitung 5,19> ttabel 2,056 with significant degree 0,05. Whereas, amount of effect level 28,31%.

Keywords: Peer tutor method, learning result, football dribble.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 124