PENERAPAN MEDIA WALL SPRING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA (Studi Pada Siswa Kelas  VIII SMP Negeri 3 Ngrayun)

  • HARKIN SUNU HUTOMO

Abstract

Abstrak

Berhasil tidaknya suatu pembelajaran pendidikan jasmani sangat dipengaruhi oleh tingkat keterampilan dan kratifitas guru pendidikan jasmani. Apabila seorang guru pendidikan jasmani masih monoton dalam menggunakan model pembelajaran pada saat proses pembelajaran, maka siswa cenderung pasif dan kurang semangat yang tentunya akan mempengaruhi hasil belajar. Oleh karena itu seorang guru pendidikan jasmani harus memiliki keterampilan dan kreatifitas yang memadai dan dapat menggunakan dan mengembangkan berbagai model pembelajaran yang ada. Khususnya pada pembelajaran passing sepakbola. Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan masalah apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan media wall spring dengan menggunakan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar passing sepakbola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngrayun. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen digunakan karena dalam penelitian ini akan ada perlakuan yang diberikan pada subjek penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian Randomized Control Group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan peneliti adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngrayun, terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelompok eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol berjumlah 24 siswa diambil dengan cara cluster random sampling.

Ditinjau dari hasil perhitungan statistic menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan media wall spring dengan menggunakan model pembelajaran langsung yang dibuktikan dari nilai t hitung 2,722 > t tabel 2,604 dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besarnya pengaruh diketahui sebesar 36,31%,   

Kata Kunci: Media wall spring dengan menggunakan model pembelajaran langsung, hasil belajar, passing sepakbola.

Abstract

Working or not in the physical education learning, hardly be effected physical education teacher’s skill and creativity. If a physical education teacher still in position to using learning model when they were learning, then students would be passive and spiritless which be able to effect student’s learning result. Therefore, a physical education must have a tremendous skill and creativity to use and develop any kind of learning model. Particularly, on the football passing learning.

Based on those fact, researcher have formulated a problem, is there any effect and how big effect of wall spring media application using direct learning model on football passing learning result in students class VIII SMP Negeri 3 Ngrayun. The type of research is an experimental-approach research. The reason  using experimental research is, inside this research there would be a treatment that given to a research subject. Within this research, researcher was using Randomized Control Group pretest-posttest in research design. Student class VII SMP Negeri 3 Ngrayun as a population of research, consist of 3 classes with 72 students in grand total. Research sample was using students class VIII-C, take a role as experiment group, with 24 students. Class VIII-A as control group, with 2 students, taken from cluster random sampling.Reviewed from statistic count result, it can take conclusion that there is significant effect from wall spring media application using direct learning model. It can be proved by check value of t hitung 2,722 > t tabel 2,604 with significant extent 0,05. Whereas, value effect of this research is 36,31 %.

Keywords: wall spring media application using direct learning model, learning result, football passing.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 19