PENERAPAN PERMAINAN BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2013/2014)

  • TAUFAN REZA PUTRA

Abstract

Abstrak

Dalam pelaksanaan permainan bola basket oleh siswa sekolah menengah pertama tentu akan mengalami kesulitan sehubungan dengan kemampuan serta tingkat usia yang masih rendah, banyaknya aturan peraturan bola basket yang sangat kompleks dan belum sesuai untuk melakukan permainan bola basket dengan ukuran yang standart,  hal ini akan menimbulkan keengganan bermain serta akan memperbesar resiko cedera pada diri anak. Sehingga diperlukan teknik modifikasi dalam permainan ini. Dalam permainan bola basket terdapat berbagai teknik dasar, diantaranya adalah menggiring bola, mengoper, menangkap dan menembak. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan belajar salah satunya melalui materi dribble bola basket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh kegiatan peningkatan hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran dribble bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk tahun ajaran 2013/2014 melalui permainan bola basket. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design, dengan populasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk yang berjumlah 342 siswa dan menggunakan sampel siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Nganjuk yang berjumlah 38 yang diambil dengan cara menggunakan teknik Cluster Sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan selama 3 kali pertemuan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan permainan dribble bola basket , yaitu permainan estafet bola, tom and jerry dan run and chase game, ternyata memberikan peningkatan yang signifikan sebesar 14,07%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan permainan dribble bola basket , yaitu permainan estafet bola, tom and jerry dan run and chase game dapat meningkatkan hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Nganjuk. 

Kata Kunci : permainan bola basket, hasil belajar, dribble,  bola basket.               

Abstract

In the implementation of a basketball game by studens of junior high school will certainly have difficulty with respect to skill and the level of age who is still low, many rules a basketball very complex and not according to do a basketball game with a measure standart, this will cause a reluctance to play and will enlarge the risk of injury to a child. So necessary modification techniques in this game. In a basketball base, there are a variety of techniques, including dribble, pass, catch and shoot. Therefore, to achieve the goal of learning one of them through the material dribble basketball. The purpose of this research is to get a picture of the overall activity improved student learning outcomes in learning materials dribble a basketball in grade VII SMP Negeri 2 Nganjuk year 2013/2014 through the game of basketball. This research using one group pretest-postest design, with a population grade VII SMP Negeri 2 Nganjuk wich totaled 342 students, and samples use grade VII-A SMP Negeri 2 Nganjuk wich totaled 38 students, taken with cluster sampling technique. Based on the results of research that is already done for third times, researchers were able to conclude that the implementation of the game of dribble, namely estafet game ball, tom and jerry, and run and chase game, in fact provides a significant increase of 14,07%. This proved that the implementation of the game of ball dribble, namely estafet game ball, tom and jerry and run and chase game can increase learning result of the dribble a basketball in a Seven A grade SMP Negeri 2 Nganjuk.

Keywords : the game of basketball, learning result, dribble, basketball

Published
2014-11-22
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 3852