PERBANDINGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER HOCKEY DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI EKTRAKURIKULER FUTSAL (Studi pada SMP Muhammadiyah 2 Surabaya)

  • MUHAMMAD QOMARUZ ZAMAN

Abstract

Abstrak

Penjasorkes adalah salah satu pelajaran yang wajib diikuti oleh semua siswa di sekolah. Selain itu siswa juga diwajibkan untuk memilih dan mengikuti salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan oleh sekolah. Ekstrakurikuler dalam suatu kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan bakat siswa yang tercantum dalam susunan program yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah. Banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di sekolah diharapkan mampu mencapai tujuan pendidikan, yaitu aktivitas olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mengembangkan prestasi dan membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat kesegaran jasmani antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler hockey dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan MFT menunjukkan ada perbedaan tingkat kesegaran jasmani antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler hockey dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal terdapat pengaruh yang signifikan.

Dengan mengetahui hasil dari penelitian ini, maka dapat memberikan data dan informasi bagi guru Penjasorkes dan guru ekstrakurikuler untuk mengetahui seberapa baik tingkat kesegaran jasmani yang dimiliki oleh siswa yang mengikuti ekstarkurikuler hockey dan ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya.

Kata Kunci: Tingkat Kesegaran Jasmani, Ekstrakurikuler

Abstract

Penjasorkes is one of lessons that have to followed by all of students in the school. Furthermore the student also required to choose and follow oneof extracurricular activity that are provided by school. In an extracurricular learning activities conducted outside of school hours which aims to improve skill and talent of student that listed in the program composition appropriate to the needs and conditions of school. Many activities at school are expected to achieve educational goals, which is sports activities that are beneficial to health, develop and shape the character of student achievement.

Purpose of this researches is for knowing comparison of physichal fitness level between students that followed hockey extracurricular with students that followed futsal extracurricular at Muhammadiyah 2 Surabaya Junior High School. Based to result of conducted research by using MFT show there is a difference physichal fitness level between student that followed hockey extracurricular with students that followed futsal extracurricular there are influence significantly. Given the result of this research, it is can give information and data to penjasorkes teacher and extracurricular teacher for knowing how good physichal fitness level that student had followed hockey extracurricular and futsal extracurricular at Muhammadiyah 2 Surabaya Junior High School.

Keywords: Physichal Fitness Level, Extracurricular

Published
2014-11-22
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 16