PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Jatirogo-Tuban)

  • AGDA SRIWAHYUNI

Abstract

Abstrak 

Sekolah merupakan tempat untuk membina dan mengembangkan suatu pengetahuan dan bakat minat siswa. Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan penting yaitu untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar. Pengalaman belajar tersebut akan diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik dan membentuk pola hidup sehat dan bugar.

Proses belajar mengajar dalam pendidikan jasmani dan olahraga  sangat bervariasi, tak menutup kemungkinan dalam materi ajar bola basket. Permainan kecil merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh para guru agar proses pembelajaran dapat lebih bervariasi dan menyenangkan dalam  bentuk aktivitas belajar yang potensial sehingga dapat memperlancar siswa dalam belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan kecil terhadap hasil belajar gerak dasar dribble bola basket di SMP Negeri 1 Jatirogo Tuban. Jika ada, seberapa besar pengaruhnya.

Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil belajar gerak dasar dribble bola basket yang datanya sudah di olah melalui perhitungan SPSS 20.0 menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar gerak dasar dribble bola basket dengan memberikan perlakuan melalui permainan kecil. Hal ini di buktikan dengan nilai    17,899 >  1,684 dengan taraf signifikan 0,05. Adapun besarnya peningkatan dari sebelum (preetest) dan sesudah (posttets) diberikan perlakuan adalah sebesar 22,26%.

Kata Kunci: Pengaruh permainan kecil, bola basket, dan hasil belajar gerak dasar dribble bola basket.

 

Abstract

School is a platform to build and develop student’s knowledge and talent. Physical education, sport, and health that taught at school have important role which is giving students the opportunity to involve directly in various learning experience. Learning experiences will be directed to build the physical growth and psychological development better and shape a healthy and fit lifestyle.

Process in teaching and learning physical education and sport is very vary, it is also possible in basketball teaching materials. Small game is one of effort that teacher does so the learning process will be more varies and fun in the form of potential learning activities so that able to facilitate student in the learning process. The aim of this study is to determine whether there was a small game effect on learning outcomes of basketball dribble basic movement in SMPN 1 Jatirogo Tuban.

The result of this study based on the result  the basic movement of basketball dribble through the data in SPSS 20.0. Calculations shows that there is a significant influence on the outcome of learning basic movement of basketball dribble through small game treat. This is attested by the value of t table is greater than t count which is 17.899> t table 1,684 with degree of significance 0.05. the amount of improvement from pretest and posttest treatment was given at 22.26%.

Keywords: small game effect, basketball and learning outcomes of basketball dribble basic movement.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 96