PENGARUH DARI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BASKET TERHADAP PENINGKATAN GERAK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Authors

  • ACHMAD SYAFIUL ANAM

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani adaptif adalah suatu system pelayanan menyeluruh untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah – masalah, salah satunya dalam domain psikomotor sehingga diharapkan anak yang berkebutuhan khusus mendapatkan manfaat dari proses pendidikan tersebut. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif yang cocok dengan jenis kecacatan tunagrahita adalah salah satunya dengan permainan. Permainan merupakan salah satu bentuk aktivitas social utama pada masa anak – anak. Dalam hal ini adalah modifikasi permainan bola basket diharapkan dapat meningkatkan kemampuan biomotorik anak tugrahita kategori ringan dalam hal ini koordinasi dari mata dan tangan akan meningkat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan modifikasi permainan bola basket dapat membantu masalah gerak dasar yang dialami oleh anak tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Alpa Kumara Wardana II Surabaya melalui pendekatan permainan lempar tangkap bola. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain penelitian one group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Dasar Luar Biasa Alpa Kumara Wardana II Surabaya, dan untuk sampel adalah seluruh siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Luar Biasa Alpa Kumara Wardana II Surabaya yaitu sebanyak 9 anak. Untuk mendapatkan hasil aktifitas gerak melempar bola digunakan bentuk performance test  yaitu tes melempar bola. Berdasarkan perhitungan data diperoleh hasil sebagai berikut, ditinjau dari hasil pretest dan posttest melempar bola anak tuagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Alpa Kumara Wardana II Surabaya. Perbedaan hasil pretest dan posttest kecepatan reaksi tersebut adalah sebesar 1,155, karena t-hitung lebih kecil t-tabel (1,155 < 1,860) dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 pada df 8, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menggunakan permainan bola basket yang telah dimodifikasi terhadap peningkatan aktifitas gerak dasar anak tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Alpa Kumara Wardana II Surabaya setelah diberikan perlakuan permainan lempar tangkap bola.

Kata Kunci : Modifikasi permainan bola basket, koordinasi, tunagrahita ringan.

Abstract

Adaptivephysical education is a comprehensive service system for identifying and repairing problems, one of them is in psychomotor domain, so hoped children who have special needed get the adventage from the education process. In learning adaptivephysical education that exact with the type of the disabilityretardation one of them is game. Game is one of the prior social activity form for children. In this case, modification of basket ball game is hoped can increase biomotoric skill of retardation children in mildmental category that will increase coordination of eyes and hands.

Purpose of this research is to know that using basket ball game can help the basic of motion problem which is experienced by mild mental retardation children in at Outstanding Primary School Alpa Kumara Wardana II Surabaya by approached the throwing and catching ballgame. This research is experimental with research design one group pretest – posttest design.The population in this research is all the students at Outstanding Primary School Alpa Kumara Wardana II Surabaya, and for the sample is all the fifth grade students at Outstanding Primary School Alpa Kumara Wardana II Surabaya as many as 9 children. For getting the result of throwing ball motion activity is used performance test form, that is throwing ball test.

Based on the calculation of the data is obtained the following results, reviewed from the result of pretest and posttest of throwing ball for mildmental retardation children at Outstanding Primary School Alpa Kumara Wardana II Surabaya. The difference result between pretest and posttest of the reaction rate is 1,115, because t-count is smaller than t-table (1,155 < 1,860) with a significance level 5% or 0,05 in df 8, so Ho is accepted and Ha is refused. So the conclusion that there is not any significant influence between learning using basket ball game which has been modified for increasing basic motion activity of mildmental retardationat Outstanding Primary School Alpa Kumara Wardana II Surabaya after given the throwing and catching ball game.

Key words :modification of basket ball game, coordination, mildmental retardation.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-11-22
Abstract views: 104 , PDF Downloads: 276