KONTRIBUSI INTELEGENSI TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SHOOTING BOLABASKET PADA SISWA KELAS X SMAN 4 KEDIRI

  • MOCH. LUQMAN ZUHDI

Abstract

Abstrak

Pengembangan potensi yang dimiliki siswa baik akademis maupun non akademis dapat dilakukan dengan berbagai upaya. Harus ada keseimbangan antara kegiatan akademis dan non akademis seperti halnya kinerja antara otak kiri dan kanan. Karakteristik siswa yang memiliki keberagaman intelegensi memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan belajar mereka, terutama pada proses belajar yang bersifat teori namun bagaimanakah pengaruh intelegensi dalam proses belajar yang lebih menekankan pada kemampuan gerak? Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif non-eksperimen. Selanjutnya peneliti menggunakan desain korelasional yaitu berupa hubungan sebab akibat dimana satu variabel menjadi penyebab, dan satu variable menjadi akibat. Terdapat dua variable yaitu tingkat intelegensi  ( variabel bebas) dan tehnik shooting ( variabel terikat ). Subyek atau sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-9 dan X-2 SMAN 4 Kediri dengan total jumlah 52 Siswa. Pengambilan data menggunakan Purposive sampling dimana karakteristik siswa sudah diketahui terlebih dahulu. Dari perhitungan data hasil tes antara intelegensi dan shooting diperoleh rhitung sebesar 0,363 dikonsultasikan dengan rtabel sebesar 0,273 dengan taraf signifikan 5% diperoleh 0,131769 dan koefisien determinasi sebesar 13,2%. Jadi, rhitung lebih besar dari rtabel ( 0,363>0,273 ). Dengan demikian dapat dinyatakan dalam penelitian ini terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan antara intelegensi terhadap tehnik shooting bola basket pada siswa kelas X-2 dan X-9 SMAN 4 Kediri.

Kata Kunci: intelegensi, teknik shooting, bolabasket

Abstract

The potential development which students have in academic and non-academic does by many aspect. It should balance between academic and non-academic activity like a thing between left and right brain. Students characteristic have many intelligence varieties which have the important part to support the success of  theirs learning especially on learning process theory characteristic. However, how the intelligence can influence in learning process which more emphasize of  movement ability? In this research used kind of corelation research with quantitative approach non-eksperiment. Then, the researcher used corelation design, it is a relationship of cause and effect form which the one of variable be an effect, and the other one be a cause. There are two variables that is intelegation level (free variable) and shooting technique (dependent variable). The subject or sample in this research are X-9 and X-2 grade students in SMAN 4 Kediri, the total of it are 52 students. The data interpretation used proposive sampling where the students characteristic was knowed before.

From data consideration the test result between intelligence and shooting achievement in rhitung as big as 0,363 consulted by rtabel as big as 0,273 with significant standart taraf 5% obtainable 0,131769 and  coefficient determination in the amount of 13,2%.

So, rhitung  more bigger than rtabel ( 0,363>0,273 ). In this research expressed there is a relationship or a significant correlation between intelegasi the basketball shooting technique in X-2 and X-9 grade students at SMAN 4 Kediri.

Keywords: intelligence, shooting technique, basketball

Published
2014-11-22
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 68