PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP KETEPATAN LEMPARAN (THROWING) SOFTBALL (Studi pada siswa peserta ekstrakurikuler softball SMK Ketintang Surabaya)

  • IVONE SETIA DWI ANTIKA

Abstract

Abstrak

Sekolah merupakan lingkungan bagi seorang siswa untuk mengenal kegiatan olahraga melalui pendidikan jasmani dan olahraga atau kegiatan ekstrakurikuler. Melalui kegiatan tersebut seorang anak dapat mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Salah satu cara yang dapat dipilih adalah dengan menggunakan media audio visual (video) sebagai penyalur informasi dengan harapan siswa dapat mengembangkan bakat dan potensi secara maksimal.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan media audio visual (video) terhadap ketepatan lemparan (throwing) siswa softball SMK Ketintang pada ekstrakurikuler softball. 2) Seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual (video) terhadap hasil lemparan (throwing) siswa softball SMK Ketintang pada ekstrakurikuler softball. Sasaran penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler softball Sekolah Menengah Kejuruan Ketintang Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes melempar bola softball sebanyak 10 kali lemparank papan sasaran. Kesimpulan: Ada signifikan terhadap ketepatan lemparan (throwing) softball siswa peserta ekstrakurikuler softball SMK Ketintang. Hasil uji t peserta ekstrakurikuler menunjukan nilai thitung 3,32 > nilai ttabel  0,86. Penggunaan media audio visual (video) memberikan pengaruh terhadap ketepatan lemparan (throwing) softball sebesar 29,41%.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Lemparan, Softball.

Abstract

School is an environment for students to get to know the sport activity through physical education and sports or extracurricular activities. Through these activities a child can develop their talents and potential. One way to choose is by using audio-visual media (video) as a supplier of information in the hope that students can develop their talents and potential to the fullest. The purpose of this study was to determine: 1) The effect of the use of audio-visual media (video) to the accuracy of the throw (throwing) Ketintang vocational students in extracurricular softball softball. 2) How much influence does the use of audio-visual media (video) on the results of the toss (throwing) Ketintang vocational students in extracurricular softball softball. The target of this research is the extracurricular activities of students who take vocational high school softball Ketintang Surabaya. Data collection was performed by testing the softball throw 10 times lemparank target board. Conclusions: There are significant to the accuracy of the throw (throwing) softball softball student extracurricular participants SMK Ketintang. T-test results showed participants extracurricular tcount 3.32> 0.86 ttabel value. The use of audio-visual media (video) to give effect to the accuracy of the throw (throwing) softball by 29.41%.

Keywords: Media Audio Visual, pitch, Softball.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 33