PENGARUH PEMBERIAN PEMANASAN PERMAINAN KECIL TERHADAP KECEPATAN REAKSI PADA PEMBELAJARAN START LARI JARAK PENDEK (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Wiyung-Surabaya)

  • WAHYUNING RAUDIYAH M

Abstract

Abstrak

Penjasorkes pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani dengan dijadikan sebagai media untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. Namun perolehan keterampilan dan perkembangan yng bersifat jasmaniah itu juga sekaligus sebagai tujuan. Melalui pendidikan jasmani siswa disosialisasikan kedalam aktivitas jasmani termasuk keterampilan berolahraga. Oleh sebab itu, penjasorkes di sekolah sangat mutlak dbutuhkan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa, selain itu variasi gerakan yang bermakna juga akan membantu proses petumbuhan. Materi lari jarak pendek (sprint) harus sesuai dengan karakteristik siswa SMP agar dapat diterima dengan baik dan dilaksanakan. Dalam masalah ini model pemanasan juga sangat penting untuk menunjang tercapainya pembelajaran, untuk itu dalam penelitian ini memilih pemanasan melalui pendekatan permainan kecil, yang sesuai dengan tujuan dari tugas ajar, sehingga diharapkan siswa tidak jenuh dan bosan dengan pemanasan yang monoton dan mempunyai motivasi dalam mengikuti pembelajran maka untuk selanjutnya memberikan dampak positif siswa lebih semangat dan kegiatan belajar mengajar lebih efektif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Adakah pengaruh pemberian pemanasan permainan kecil (hitam-hijau) terhadap kecepatan reaksi pembelajaran start lari jarak pendek pada siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Surabaya? (2). Seberapa besar pegaruh pemberian pemanasan permainan kecil terhadap kecepatan reaksi pembelajaran start lari jarak pendek pada siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Surabaya? Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Surabaya dengan jumlah sampel yang diambil 2 kelas, yaitu kelas VIII-A dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-E denga jumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik deskriptif kuantiatf. Kesimpulan dalam penelitian adalah: (1). Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh pemberian pemanasan permainan kecil terhadap kecepatan reaksi pada pembelajaran start lari jarak pndek siswa SMP Negeri 28 Surbaya.hal ini dapat dilihat berdasarkan uji t2 didapat nilai (thitung 4,386 > ttabel 1,998) dengan taraf signifikansi 0,05%. (2) Besarnya pengaruh untuk kecepatan reaksi start lari jarak pendek yaitu sebesar 18,68%.

Kata Kunci: Pemanasan, Permainan Kecil, Kecepatan Reaksi, Start Lari Jarak Pendek.

Abstract

Penjasorkes  is basically education through physical activity to be used as a medium to achieve the overall development of the individual. However, the acquisition of skills and the development of the physical nature also as a destination. Through physical education students are socialized into physical activities including exercise skills. Therefore, Penjasorkes in schools is absolutely necessary to improve the physical fitness of students, in addition to the significant variation in the movement will also help the growth process. Material sprint ( sprint ) must conform to the characteristics of junior high school students to be well received and implemented. In this issue of heating models is also very important to support the achievement of learning, for it was in this study chose warming through small game approach, which is consistent with the objectives of the task of teaching, so that students are not expected to tired and bored with the monotonous heating and motivation in participating in learning then to further positively impact students more spirit and more effective teaching and learning activities. Formulation of the problem of this study was to determine : ( 1 ). Are there any heating effect of giving small game ( black - green ) to start the reaction speed learning sprint at the eighth grade students of SMP Negeri 28 Surabaya ? ( 2 ). How big is the effect of heating a small game to start learning the reaction speed of sprint at the eighth grade students of SMP Negeri 28 Surabaya ? The target of this research is the eighth grade students of SMP Negeri 28 Surabaya with the number of samples taken 2 classes, ie class VIII - A with 33 students as the experimental group and class VIII - E premises number of 33 students as a control group. The method used in this analysis using descriptive statistical Quantiatif methods. Conclusions in the study are : ( 1 ). There is a significant effect of heating the effect of small game to start learning the speed of the reaction in the sprint 28 Surbaya.hal Junior High School students can be seen by the test t2 values ​​obtained ( 4.386 t count > t tabel 1.998 ) with a significance level of 0.05 %. ( 2 ) The amount of influence on the reaction speed start sprinting is equal to 18.68 %.

Keywords: Warming up, Small Game, Reaction Speed​​, Start Running Short Distances.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 64