PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA JAM PEMBELAJARAN KE 1 DAN 2 DENGAN JAM KE 5 DAN 6

  • ARIE TITA APRILIA

Abstract

Abstrak

Di dalam sebuah aktivitas belajar mengajar penjasorkes diperlukan adanya interaksi sehingga tercipta pembelajaran yang aktif. Hal ini tidak terlepas dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi, apakah itu faktor dari luar ataupun dari dalam. Salah satunya adalah motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan di lapangan oleh guru. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswi yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Salah satu unsur yang mendukung motivasi belajar adalah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa jam pembelajaran ke 1 dan 2 dengan jam ke 5 dan 6 di SMK Negeri 12 Surabaya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa jam pembelajaran ke 1 dan 2 dengan jam ke 5 dan 6 di SMK Negeri 12 Surabaya yang dibuktikan dari hasil uji t hitung 0,08 < nilai t tabel 1,99 dengan taraf signifikan 0,05.

Kata kunci: Jam pembelajaran ke 1 dan 2 dengan jam ke 5 dan 6, Motivasi belajar penjasorkes 

Abstract

In a learning activity penjasorkes required for interaction in order to create active learning. It is not released in the presence of the factors that influence, whether it was a factor from the outside or from within. One of them is the motivation of students to follow lessons given by teachers in the field. In the course of learning, motivation can be considered as the overall driving force in students that lead to learning activities. Motivation to learn is internal and external encouragement to students who are learning to make changes in behavior, in general, with some indicators or elements that support. One of the elements that support the learning motivation is the environment. The purpose of this study was to determine differences in learning motivation of physical education, sport and health in 1st and 2nd period lesson students with 5 and 6 in SMK Negeri 12 Surabaya. From these results it can be concluded that there was no difference in learning motivation of physical education , sport and health in students learning hour to 1 hour and 2 with 5th and 6th period in SMK Negeri 12 Surabaya as evidenced from the results of the t test 0.08 < t table value 1.99 at 0.05 significance level.

Keywords :  1st and 2nd period lesson with 5th and 6th period, Learning motivation of penjasorkes

Published
2014-11-22
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 83