PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS REGULER DENGAN KELAS TERBUKA (STUDI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SURABAYA)

  • RIFYAL FAUZAN

Abstract

Abstrak

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi proses pembelajaran penjasorkes, salah satunya motivasi belajar. Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal itu mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa kelas VII reguler dengan kelas VII terbuka di SMP Negeri 21 Surabaya dengan jumlah sampel 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas VII terbuka dan 24 siswa kelas VII reguler. Data pada penelitian ini adalah nilai tes motivasi yang diperoleh dari siswa mengisi angket motivasi belajar yang telah disiapkan peneliti. Pengisian angket dilakukan untuk mengetahui motivasi  belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Data dikumpulkan dengan mengumpulkan seluruh siswa yang dijadikan sampel ke dalam satu kelas. Seluruh siswa mengisi angket bersama-sama dan angket yang telah diisi dikumpulkan untuk diteliti. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa kelas reguler dengan kelas terbuka di SMP Negeri 21 Surabaya yang dibuktikan dari hasil uji t hitung -0,87 < nilai t tabel 2,010 dengan taraf signifikan 0,05. Dengan masing-masing kelompok masuk dalam ketegori motivasi belajar penjasorkes yang tinggi.

Kata Kunci: siswa kelas reguler dan kelas terbuka, motivasi belajar penjasorkes 

Abstract

There are several factors that affect physical education learning process, one of them is learning motivation. The essence of learning motivation is internal and external encouragement to students who are learning to make changes in behavior, in general, with some indicators or elements that support. It has a big role in a person's success in learning. The purpose of this research was to determine differences in learning motivation of physical education, sport and health with regular class students and open class student at SMP Negeri 21 Surabaya. The data in this study is the motivation test scores obtained from the learning motivation of students completed a questionnaire that has been prepared researchers. Completion of the questionnaire was conducted to determine students' motivation in learning Penjasorkes follow. Data collected by the collects all sampled students in one class. All students completed a questionnaire together and the completed questionnaires were collected for analysis. From these results it can be concluded that there was no significant difference in learning motivation of physical education , sport and health students regular class with an open class at SMP Negeri 21 Surabaya as evidenced from the results of the t test -0.87 < t table value of 2.010 with significance level 0.05 . With each group included in the category of high motivation to learn phsical education.

Keywords : regular and open class student, learning motivation of physical education

Published
2014-11-22
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 25