PENGARUH  PEMBELAJARAN  MODEL  PARTISIPATIF,  AKTIF,  KREATIF,  EFEKTIF  DAN MENYENANGKAN (PAKEM) TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR       SERVICE BOLAVOLI (Study pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Jombang)

  • DANU KARIM

Abstract

 Abstrak

Proses pembelajaran pada dasarnya juga merupakan proses komunikasi, sehingga untuk membantu kemudahan dan kelancaran proses belajar mengajar tersebut, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar peserta didik dan efektivitas pembelajaran, diantaranya adalah kurangnya sarana prasarana dan rendahnya kreatifitas guru dalam merencanakan dan mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat diambil adalah dengan menerapkan model pembelajaran partisipatif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Model pembelajaran ini merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh para guru dengan jalan memanipulasi segala sesuatunya agar siswa lebih berpartisipasi, aktif, kreatif, senang selama mengikuti pembelajaran yang diajarkan. Begitu juga di SMK PGRI 1 Jombang, dimana peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan penguasaan terhadap teknik dasar servis pada olahraga bolavoli, sehingga efektivitas pembelajaran di sekolah menjadi kurang maksimal.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran partisipatif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) terhadap efektivitas pembelajaran teknik dasar servis bolavoli. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 1  Jombang dan jumlah siswa yang diambil sebanyak 43 siswa (28 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket Formative Class Evaluation, lembar observasi Dikjasor, dan tes servis volavoli. Teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian adalah teknik statistik deskriptif dan komparatif.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran model partisipatif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) terhadap peningkatan efektivitas pembelajaran teknik dasar servis bolavoli. Skor FCE siswa meningkat sebesar 14,16%, aktivitas siswa dan guru selama tahap pembelajaran meningkat (awal = 2,94%, proses =2,55%, dan akhir = 3,23%), serta prestasi servis bolavoli meningkat sebesar 18,07%.

Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, PAKEM, Servis, Bolavoli.

Abstract

The learning process basically is also constitute communication process, so that, in order to make teaching and learning process easy and influence it needed a right learning model appropriate to the students characteristics. There are many factors which could influence the decreasing of students learning achievement and learning effectivities, and one of them is lack of infrastructure and low of teacher’s creativities in make a plan and develop learning strategy. One of those strategies which could be taken by applying participative, active, creative, effective and gratify. This learning model is one of the efforts which could done by the teachers, by manipulated all the things, in order to make students have more time to take apart/ participation, active, creative and feel happy during joining the teaching and learning process. This case is also faced in SMK PGRI 1 Jombang, where the students still facing same difficulty in understand the concept and mastering toward volley ball basic service technique in sport, so that learning activities in the school still not maximal yet.

The purpose of this research is to know: the influence of participative, active, effective, creative and gratify (PAKEM) toward learning effectivities on volley ball basic service technique. The aim of this research is the students of tenth grade in SMK PGRI 1 Jombang with the number of students sample was 43 students (28 female students and is 15 male students). The research method used was experiment research using quantitative approach. Data collecting technique used formative Class Evaluation Questionnaire, Dikjasor Observation sheet, and volley ball service test. Analysis technique which used in this research was statistic descriptive technique and comparative.

Conclusion: there was a significant influence in participative, active, creative, effective and gratify (PAKEM) learning model toward the increasing of learning effectivities volley ball basic service technique. The FCE score was students increased of amount 14:16%, students activities and teachers during the learning process increased (beginning = 2,94%, process = 2,55% and ending = 3,23%) with volley ball service achievement increased 18,07%.

Keywords: Effective, Learning, PAKEM, Service, Volley Ball.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 133