PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP  HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA (Studi  Pada  Siswa  Kelas  XI  SMA Negeri 1 Tarik  Sidoarjo)

  • YANUAR NURFAJRIN

Abstract

Abstrak

Dribbling adalah salah satu metode memindahkan bola dari satu titik ke titik lain di lapangan dengan menggunakan kaki. Tujuan menggiring bola antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan dalam sepakbola. Model pembelajaran digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar dribbling pada siswa. Akan tetapi dalam kenyataaannya masih banyak siswa yang belum mampu menguasai gerak dasar dribbling dengan model yang sudah diterapkan oleh guru. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran lain salah satunya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) agar mampu mengatasi kesulitan peserta didik khususnya pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarik dalam mengusai gerak dasar dribbling sepakbola.

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tarik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah sampel 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling sepakbola yaitu sebesar 23,53 %.

Kata Kunci : Gerak dasar dribbling, model Numbered Head Together (NHT), hasil belajar.

Abstract

Dribbling is one of method to moving a ball from one spot to another in the field using leg. The purpose of ball dribbling is for approaching distance into a target, passing an opponent, and slowing football game down. Learning model is used for increasing student’s dribbling basic move ability. Nevertheless in fact, still there are many students whose incapable in dribbling basic move along with application learning model. Because of that, it would be need an another learning model. Cooperative learning model Numbered Head Together type, to take a solution within students especially student class XI SMA Negeri 1 Tarik on controlling football dribbling basic move. The purpose of this research is, 1) To knowing effect application cooperative learning model numbered head together (NHT) can be increasing student’s learning result. 2) To knowing how big effect of cooperative learning model numbered head together (NHT) to dribbling learning result in students class XI of SMA Negeri 1 Tarik. The subject research is student class XI IPA 2, using 30 students in amount of sample. Based on research result, it can take a conclusion that learning which using cooperative model numbered head together (NHT) was providing a significant effect to football dribbling learning result, it is 23,53 %.

Keywords : dribbling based move, Numbered Head Together (NHT) type, learning result.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 84