PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETEPATAN SERVICE ATAS BOLAVOLI (Studi Pada Siswa Ekstrakulikuler SMK Negeri 1 Sumenep)

  • HENDRA FAJARISTIAN

Abstract

Abstrak

Sekolah merupakan tempat untuk membina dan mengembangkan suatu pengetahuan,bakat dan minat siswa. Didalam sebuah sekolah terdapat satu kegiatan yang biasanya menjadi wadah untuk menyalurkan minat dan bakat siswa yaitu sebuah kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang diadakan sekolah seperti aktifitas keolahragaan maupun non-keolahragaan. Ekstrakurikuler khususnya olahraga dapat menjadi wahana membangun karakter dan membina perkembangan individu. Banyak metode pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai ketepatan service, khususnya service  atas pada bolavoli. Salah satunya yaitu dengan metode demonstrasi dengan bantuan media gambar. Karena pada umumnya peserta didik lebih sering menggunakan service  bawah dari pada service  atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan ketepatan service  atas bolavoli melalui penerapan metode demonstrasi dengan bantuan media gambar di SMK Negeri 1 Sumenep. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui perhitungan data menggunakan SPSS 20.0 menunjukkan hasil bahwa ada peningkatan ketepatan yang signifikan pada kemampuan service  atas bolavoli siswa setelah penerapan metode demonstrasi dengan bantuan media gambar. Hal itu dibuktikan dengan nilai thitung (9,530)  > nilai ttabel (1,699). dengan taraf signifikan 0,05.Dengan peningkatan sebesar 28,85%.

Kata Kunci: Penerapan metode demontrasi, media gambar, ketepatan service  atas bolavoli.

Abstract

School is a platform to build and develop knowledge and student’s interest. There is common platform to develop interest and talent, which is extracurricular. This extracurricular activity is an activity organized by school, such as sport activity or non-sport activity. Extracurricular, especially sport, can be a platform to build the character and individual development. There are learning methods are used in order to enhance student’s ability in mastering the accuracy of service, especially volleyball upper service. One of them is method of demonstration with image media assistance. Since students are generally use under service more frequent than upper service. The aim of the study was to determine the differences of volleyball upper service accuracy through application of demonstration with picture media assistance in SMKN 1 Sumenep. Based on research result and through data calculation using SPSS 20.0 shows the result that there is significant increase in volleyball upper service ability after the application of demonstration method with picture media assistance. This was proved by tcount value (9,530) > ttable (1,699) with significance level of 0.05 with enhancement of 28.85%.

Keywords: application of demonstration method, image media, volleyball upper service accuracy.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 243