PERBANDINGAN TINGKAT STATUS GIZI BERDASARKAN IMT/U ANTARA SISWA KELAS 1 SDN MLATEN 1 DAN SDN MLATEN 2 KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO

  • PRADANA HAKIM W

Abstract

Abstrak

Penilaian pertumbuhan dan status gizi pada anak sangat diperlukan, ini berfungsi untuk mengetahui apakah seorang anak tumbuh dan berkembang dengan status gizi yang normal atau tidak. Perubahan ukuran fisik penduduk merupakan salah satu indikator keberhasilan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu cara untuk mengetahui pertumbuhan ukuran fisik penduduk adalah dengan melalui pengukuran antropometri tinggi badan dan berat badan anak baru masuk sekolah. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi mengenai penilaian status gizi dan pencapaian berat badan dan tinggi badan yang ideal bagi anak Indonesia untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten di masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan status gizi berdasarkan (IMT/U) siswa kelas 1 SDN Mlaten I dan SDN Mlaten II. (2) mana yang lebih baik antara status gizi siswa kelas 1 SDN Mlaten I dan SDN Mlaten II. (3) faktor yang mempengaruh tingkat status gizi siswa kelas 1 SD. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Mlaten I dan SDN Mlaten II yang diambil masing-masing sekolah sebanyak 20 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik desikriptif dan komparatif (Chi Square Test), sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan pengukuran secara langsung tinggi badan, berat badan, dan umur pada subjek. Kesimpulan: (1) Tidak terdapat perbedaan signifikan antara status gizi siswa kelas 1 SDN Mlaten I dan SDN Mlaten II, hasil uji chi square asymp. sig (0,112) > α (0,05).. (2) Siswa laki-laki dan perempuan SDN Mlaten I dan SDN Mlaten II mempunyai status gizi yang sama (tidak ada yang lebih baik). Rata-rata siswa laki-laki dan perempuan SDN Mlaten I dan SDN Mlaten II sama-sama dalam kategori gizi normal. (3) Tingkat pendidikan orang tua dan jenis pekerjaan merupakan faktor-faktor yang tidak berpengaruh signifikan terhadap status gizi siswa, hasil uji chi square asymp. sig sebesar (0,321 - 0,402) > α (0,05)

Kata Kunci: Status Gizi, IMT/U, Siswa Sekolah Dasar.

Abstract

Valuation of development and nutrient status on childrens are very necessary, it works to know whether a children growth and develop with nutrient status in normal or abnormal level. Revolution of physical size is, one of successful indicator for increasing human resources quality. The way to knowing physical size growth of people is throughout new student’s height and weight anthropometric. Those result can be used to evaluate material about valuation of nutrient status and height or weight attainment which ideal for the children of Indonesia, to create great quality and competent of human resources in the future. The purpose of this research is known for 1) Difference of nutrient status based on (IMT/U) student class 1 SDN Mlaten I and SDN Mlaten II. 2) Which one better between nutrient status of student class 1 SDN Mlaten I and SDN Mlaten II. 3) The factor which affect nutrient status of student class 1 in elementary school. Target for this research is student class 1 SDN Mlaten I and SDN Mlaten II whose taken as much as 20 students each. The method of this analyze is using desciptive and comparative statistic method (Chi-Square Test), whereas, while taking data process is using height, weight, and ages measurement directly from subject. The conclusion is, 1) There is no significant difference between nutrient status within student class 1 SDN Mlaten I and SDN Mlaten II, Chi-Square test result, asymp.sig (0,112) > α (0,05). 2) Male and female students of SDN Mlaten I dan SDN Mlaten II have same average of nurient status (no ones better). Average value of male and female student in SDN Mlaten I and SDN Mlaten II, both on same normal nutrient category. 3) Level of education and kind of work of parents, are factor which have not significant effect to student’s nutrient status, Chi-Square asymp.sig test result has showed in number, (0,321 – 0,402) > α (0,05).

Keywords: Nutrient Status, IMT/U, Student Of Elementary School.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 91