PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG MEMILIKI NILAI PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN PENJASORKES TERTINGGI DAN TERENDAH   DI SD NEGERI TAMBAKSAWAH SIDOARJO

  • WAHYU SATYA NUGRAHA

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Merupakan Sebuah Investasi Jangka Panjang Dalam Upaya Pembinaan Mutu Sumber Daya Manusia Indonesia. Hasil Yang Diharapkan Itu Akan Dicapai Setelah Masa Yang Cukup Lama. Karena Itu Upaya Pembinaan Warga Masyarakat Dan Peserta Didik Melalui Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, Membutuhkan Kesabaran Dan Keikhlasan Untuk Berkorban. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Pada Kelas Yang Memiliki Rata-Rata Nilai Mata Pelajaran Penjasorkes Tertinggi Dan Terendah, Di Sd Negeri Tambaksawah Sidoarjo. Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Non Eksperimen Dengan Pendekatan Deskriptif  Kuantitatif , Yang Artinya Suatu Penelitian Dimana Peneliti Sama Sekali Tidak Memiliki Kesempatan Untuk Memberikan Perlakuan Atau Melakukan Manipulasi Terhadap Variabel Yang Mungkin Berperan Dalam Munculnya Suatu Gejala Yang Diamati Telah Terjadi (Ek-Post-Facto).  (Maksum, 2009:61) Metode Pengambilan Sampel Adalah Purposive Sampling. Sampel Dalam Penelitian Ini Yaitu Siswa Kelas 3a Yang Mempunyai Nilai Prestasi Akademik Mata Pelejaran Penjasorkes Tertinggi Dan Kelas 3b Yang Memiliki Nilai Mata Pelajaran Penjasorkes Terendah Di Sd Negeri Tambaksawah Sidoarjo. Jumlah Sampel Pada Penelitian Ini Keseluruhan Adalah 69 Siswa. Penilaan Kebugaran Jasmani Menggunakan Instrument Tes Tingkat Kebugaran Jasmani Indinesia (Tkji). Berdasarkan Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani (Tkji) Siswa Sd Negeri Tambaksawah Sidoarjo Memiliki Nilai Mean Kelas 3a Sebesar 15.4722, Dan Kelas 3b Sebesar 16.258 Dan Berdasarkan Analisis Uji - T, Didapatkan F Sig 1,50 Hal Ini Melewati 0,05 Maka Ha Ditolak Dan Ho Ditrima, Sehingga Tidak Ada Perbedaan Signifikan Antara Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Yang Memiliki Nilai Prestasi Akademik Mata Pelajaran Penjasorkes Tertinggi Dan Terrendah Di Sd Negeri Tambaksawah Sidoarjo. Hal Itu Terjadi Karena Kegiatan Pembelajaran Dan Penilaian Yang Dilakukan Pendidik Hanya Cenderung Pada Dua Aspek Pembelajaran Saja Yaitu, Kognitif Dan Afektif Saja.

Kata Kunci: Kebugaran Jasmani, Prestasi Akademik Mata Pelajaran Penjasorkes

Abtract

Physical Education, Exercise And Health Are Infestations For Long Term To Develop Human Resource In Indonesia. This Result Is Hoped That It Will Be Reached In Long Time. Therefore, The Efforts Of Developing Societies And Learners Through Physical Education, Exercise And Healthy Needs Patience In Teaching. The Purpose Of This Analysis Is To Know The Difference Level Of Learners’ Health In Class Who Have Higher Score And Lower Score In Physical Education Lesson In State Elementary School Of Tambaksawah, Sidoarjo. This Research Uses Non Experiment Research With Quantitative Descriptive Approach. It Means Research Which Is The Researcher Does Not Have Chance To Do With The Data And Manipulate The Variable Data On The Appearance Of Symprom Because The Symptom Has Been Watched And It Has Been Done. (Ex-Post-Facto) (Maksum, 2009: 61) The Method In This Research Uses Purposive Sampling Approach. The Data Of This Research Are Learners Of Third Grade A Which Have Higher Score In Physical Education Lesson In School And Learners Of Third Grade B Which Have Lower Score. The Complete Data Of For Research Are 69 Learners. Scoring In Physical Education Uses Instrument Of The Indonesian Health. The Data Are Based On The Differences Level Of The Learners’ Health Of Third Grade In State Elementary School Of Tambaksawah, Sidoarjo Which Have 15.4722 Score For A Class And 16.2581 For B Class. The Research Is Based On T-Test And The Result Is F Sig Has Score 1.50 And This Is Through 0,05 And Also Ha Is Denied And Ho Is Accepted. Thus, There Are No Different Significantly Score In Physical Education Lesson Who Has Higher And Lower Score. This Happened Because Teaching And Scoring That Have Been Done By Teacher Is Inclined To Two Aspects. Those Are Cognitive And Affective Aspect.

Keywords: Physical Fitness, Physical Education Lesson

Published
2014-11-22
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 24