PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TEAM GAMES TOURNAMENT)  DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLAVOLI

  • ADES SETYAWAN

Abstract

Abstrak

Pada dasarnya pendidikan jasmani adalah pendidikan yang berkaitan dengan jasmani dan perlu diberikan di lembaga pendidikan karena aktivitas jasmani yang berbentuk latihan memberikan manfaat bagi peserta didik dalam bentuk kesegaran jasmani dan pemeliharaan kesehatan. Dalam proses pembelajaran, guru mempunyai  pilihan mengenai strategi mengajar dan model pembelajaran serta media yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian tentang perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe (Team Games Tournament) dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar passing bawah pada permainan bolavoli. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah menerima model pembelajaran kooperatif tipe (TGT). (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah menerima model pembelajaran langsung. Sedangkan hasil yang diperoleh pada Uji Independent sample t-test  nilai t-hitung lebih kecil dari pada t-tabel (thitung 0,550 < nilai ttabel 2,021). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perbandingan antara siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe (Team Games Tournament) dan siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran langsung tidak mempunyai perbedaan yang bermakna.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe (Team Games Tournament), model pembelajaran langsung, hasil belajar passing bawah bolavoli.

Abstract

Basically physical education is an education that related to physical and educational institutions should be given in the form of physical activity due to exercise because it is really useful for the students for their health maintenance. During learning process, teachers have some choices in learning strategy, learning model and the right media for learning process. To catch the goal, media have to be appropriate with the learning material while learning process. In this research, the researcher do comparison between the cooperative learning model (team games tournament) and the direct learning model toward learning result in down passing in the volley game. The result is (1) there isa significant difference between the average learning outcomes before and after receiving cooperative learning model (TGT). (2) There is a significant difference between the average learning outcomes before and after receiving direct learning model. While the independent test result is t-test value and t-test numbers are smaller than t-table(tcount 0,550 < nilai ttabel 2,021). It can be said that the comparison between the students who have receive the comparative learning model (Team Games Tournament) and the students who have receive direct learning model do not have significant difference.

Keywords:            the cooperative learning model (team games tournament) and the direct learning model toward learning result in under passing in the volley game

Published
2014-11-22
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 36