PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR JALAN CEPAT (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo)

  • WULAN SARI ROMADONI

Abstract

Abstrak

Pada pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan banyak macam olahraga yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan jasmani siswa salah satunya adalah atletik. Dalam atletik ada banyak nomor antara lain lari, lompat jauh, lompat jangkit, tolah peluru, lontar martil, lempar cakram, salah satu dari sekian banyak nomor atletik adalah jalan cepat. Dalam jalan cepat adanya perpaduan antar gerakan tangan, kaki dan pinggul yang harus saling berirama. Pembelajaran jalan cepat dianggap suatu pembelajaran yang sulit, sehingga sering kali guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tidak memberikan pembelajaran jalan cepat terutama pada SMP Negeri 3 Sidoarjo yang belum pernah diberikan materi jalan cepat secara mendalam. Maka dari hasil penelitian ini pembeljaran jalan cepat dapat diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi terhadap hasil belajar jalan cepat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo; 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi terhadap hasil belajar jalan cepat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Hasil belajar psikomotor pada pre-test dan post-test sebesar 17.70%, dan pada kognitif sebesar 21.72%, pada afektif sebesar 17.28. Pada uji normalitas nilai akhir pre-test sebesar 0.923 > 0.05 dan post-test sebesar 0.921 > 0.05sesuai dengan kriteria pengujian dapat dikatakan bahwa data pre-test dan post-test nilai akhir berdistribusi normal.Dan hasil psikomotor pada uji t sebesar thitung6.73> ttabel 2.0315, pada uji t kognitif sebesar thitung13.85>ttabel 2.0315,dan pada uji t afektif sebesar thitung4.48>ttabel2.0315. Kesimpulan penelitian adalah adanya pengaruh yang signifikan dari pemberian model pembelajaran koperatif tipe group investigasi terhadap hasil belajar jalan cepat pada nilai akhir sebesar thitung 15.59 > dari ttabel 2.0315 dinyatakan Ho diterima. Dengan besarnya peningkatan pada nilai akhir sebesar 22.51%.

Kata Kunci: Model pebelajaran kooperatif tipe group investigasi, hasil belajar, jalan cepat               

Abstract

So many sport branch as estsfet, running, javelin throw, long jump and than racewalking that can applied to improve physical health and one of them is athletic sports branch racewalk. Through brisk there is combination between hand, foot and thigh movement which must be rhymed. Learning racewalk considered as a hard learning, so that physical education teacher frequently not giving racewalk learning especially on SMP Negeri 3 Sidoarjo that never give racewalk matter deeply. So from its research results can be made as a criterion standard in giving racewalk matters. The purposes of this research : 1) to find out is there any effect from cooperative learning model type investigation group to racewalk learning result of eight grade student of SMP Negeri 3 Sidoarjo; 2) to find out how big the effect of cooperative learning model type investigation group to racewalk learning result of eight grade student of SMP Negeri 3 Sidoarjo. This research is a praexperiment research with descriptive quantitative approach with the amount of samples 36 students. Analysed the data using mean, varians, standar deviasi, max, min, normal test, dependent t test, and than learning result. Research results are as follow: the improvement of learning result on pretest and posttest as big as 17.70%, on cognitive as many 21.72%, and affective as big as 17.82. On normality test pretest final score as big as 0.923 > 0.05 and post test 0.921 > 0.05 appropriated with test criterion it can be said that the finals scores of pretest and posttest have normal distribution. And psychomotor on t-test as big as tcount 6.73 > ttable 2.0315, on cognitive t-test as big as tcount13.85 > ttable 2.0315, and on affective t-test as big as tcount4.48 > ttable 2.0315.

Research conclusion are there is significant effect from the cooperative learning model type investigation group to racewalk learning result on final score as big as 15.95 > ttable 2.0315 and it stated that Ho was accepted. With the amount of improvement on final score as big as 22.51%.

Keywords: cooperative learning model type investigation group, learning result, racewalking

Published
2014-11-22
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 98