PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS PADA PERMAINAN BOLABASKET (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Sidoarjo)

  • DAVI SULAIMAN PUTRA

Abstract

Abstrak

Keberhasilan guru dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat dari beberapa faktor, dua diantaranya adalah efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kualitas pembelajaran ditunjukkan oleh efektivitas pembelajaran yang dapat diamati dari persiapan, pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa dan selama pembelajaran menggunakan instrumen lembar observasi kelas dikjasor oleh tiga pengamat. Sedangkan hasil belajar materi chest pass pada permainan bolabasket dapat ditinjau menggunakan lembar soal-soal essay untuk kognitif, skala sikap untuk afektif dan push pass for accuracy untuk psikomotor. Faktanya hasil belajar siswa pada materi chest pass bolabasket belum merata, buktinya terdapat 24 siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori sedang (antara 40 - 59) dan 10 siswa lainnya yang mendapatkan nilai dengan kategori baik (antara 60 - 79). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas pembelajaran, mengetahui pengaruh penerapan dan besar peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar chest pass pada permainan bolabasket. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif  kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII 5 SMP Negeri 5 Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa selama 2 kali perlakuan, rata-rata terdapat efektivitas pembelajaran sebesar 77,33% dengan kategori baik yang dibuktikan dengan laporan dari lembar observasi kelas dikjasor. Selain itu ada pengaruh yang signifikan nilai model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar chest pass pada permainan bolabasket yang dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (8,016  > 1,699) dari ketiga komponen hasil belajar yang digunakan pada saat pre-test dan post-test yaitu lembar soal-soal essay, skala sikap dan push pass for accuracy.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, Hasil belajar chest pass bolabasket.

Abstract

The success of the teacher in learning activities can be seen from several factors, two of which are instructional effectiveness and student learning outcomes. The quality of the learning demonstrate by the effectiveness of learning that that can be observed from the preparation, implementation and learning by teachers and students during the learning activities using instruments physical education classroom observations by three observers. While the results of studying the material of chest pass in the basketball game can be reviewed using sheets of essay questions for the cognitive, attitude scale to a affective and push pass for accuracy for psychomotor. The fact of student learning outcomes at chest pass material in basketball has not been evenly distributed, the evidences is still a lot of students get that medium scored category (between 40 - 59) and the other students who get good valve category (between 60 - 79). This study aims to reveal the effectiveness of learning, application and determine the effect of the increase in the jigsaw cooperative learning model to study the result of chest pass in the basketball game. This study was a quasi-experimental with quantitative descriptive approach. Research subject of VII grade in junior high school 5 Sidoarjo land totaling 30 students. From the research result can be conclude that during twice handling, on average there are instructional effectiveness of 77,33% with a good categories as evidence by reports from physical education classroom observations. In additional there was a significant effect of the value of the jigsaw cooperative learning model to study the result of chest pass on basketball game as evidenced by the results of the t > t table (8,016 > 1,699) from third components used in the current pre-test and post-test are sheets essay question, the attitude scale and push pass for accuracy.

Keywords: Cooperative learning model, jigsaw, learning outcomes chest pass basketball.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 5209