HUBUNGAN TINGKAT KEMAJUAN PENJASORKES TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SMA, MA DAN SMK SE KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Abstrak
Dalam menunjang pelaksanaannya, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (Penjasorkes) merupakan bagian integral dari proses pendidikan secara keseluruan dan salah satu sarana untuk mencapai tujuan pendidikan. Mengingat ciri khas penjasorkes mampu meningkatkan kualitas fisik dan mental serta mampu mempengaruhi perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menunjang prestasi akademik, maka sekolah diharapkan selalu dapat meningkatkan 4 aspek yaitu 1. Ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan olahraga, 2. Ketersediaan tenaga pendidik pendidikan jasmani dan olahraga. 3. Hasil kerja satuan pendidikan selama 1 tahun terakhir terkait peningkatan mutu pendidikan jasmani dan olahraga di satuan pendidikan tersebut, 4. Prestasi dan penghargaan yang didapat selama 1 tahun terakhir.
Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen jenis korelasional yang menghubungkan antara 2 variabel. Subjek penelitian sebayak 46 sekolah SMA, MA dan SMK se-Kabupaten Sidoarjo. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemajuan penjasorkes yaitu PDPJOI sedangkan untuk prestasi akademik diambil dari nilai rata-rata Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun 2013. Pembuktian hipotesis menggunakan rumus r spearman. Rekapitulasi data untuk komponen ketersediaan sarana dan prasarana mendapat nilai kategori cukup dengan rata-rata 132, komponen ketersediaan tenaga pelaksana penjasor mendapat nilai kategori baik dengan rata-rata 159, komponen hasil kerja kurun 1 tahun lalu mendapat nilai kategori cukup dengan rata-rata 173 dan komponen prestasi serta penghargaan 1 tahun terakhir mendapat nilai kategori cukup dengan rata-rata 83. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemajuan penjasorkes mempunyai nilai kategori cukup dengan rata-rata 547,83. Sedangkan untuk nilai prestasi akademik yang diambil dari nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) mempunyai nilai rata-rata 7,38. Dari hasil uji hipotesis tidak terdapat hubungan antara tingkat kemajuan penjasorkes dengan prestasi akademik se-Kabupaten Sidoarjo. Dikarenakan Hasil penghitungan didapat nilai r hitung 0,089093 < 0,291 r tabel maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan yang dapat dilihat dari ketersediaan sarana dan prasarana yang memperoleh kategori cukup dengan nilai rata-rata 132. Untuk menghitung seberapa besar hubungannya maka dapat dilihat juga dari nilai r yaitu 0,107 ketika di koefisien diterminasi dengan hasil r2 = 1,145% sehingga hubungannya sangat lemah.
Kesimpulannya adalah tingkat kemajuan penjasorkes belum menunjang sepenuhnya dalam prestasi akademik siswa SMA, MA dan SMK se-Kabupaten Sidoarjo.
Kata Kunci: Tingkat Kemajuan Penjasorkes, Prestasi akademik
Abstract
To support the realization, sport exercise is one of integral part of the whole education process and one of the tools to attain the education purpose. Considering the special characteristic of sport exercise that can increase physical and mental quality also can influence the student behavior in everyday activity. To sustain the academic achievement, a school must be always increase the quality of these 4 aspect, that is: 1. The availability of tools and infrastructure of sport exercise, 2. The availability of educator staff of sport exercise, 3. The achievement of education grade’s enhancement for the past 1 year, 4. Achievement and appreciation that has been obtained for this year. This research is a non-experiment research, type of the correlational that connects 2 variable. The research subjects are 46 high schools that located in Sidoarjo. The instrument that uses to measure the sport exercise progression level is PDPJOI whereas for the academic achievement was taken from the 2013 UNAS’s average score. Verification of the hypothesis uses the r spearman formula. Data recapitulation for the availability of tools and infrastructure of sport exercise component gets category C with 132 scores in average, the availability of educator staff of sport exercise component gets category B with 159 scores in average, while the achievement of education grade’s enhancement for the past 1 year component gets category C with 173 scores in average and achievement and appreciation that has been obtained for this year component gets category with 83 scores in average. The result of the research shows that the average score of sport exercise progression level is sufficient that has category C with 547,83 in scores. Whereas, for the score of academic achievement is 7,38 in average. From the hypothesis test shows the result that there’s no relation between sport exercise progression level toward academic achievement of high school student in Sidoarjo. Because of the counting result count r shows 0,089093 < 0,291 r table, then the conclusion is the availability of tools and infrastructure of the sport exercise component gets category C with 132 scores in average. To count the relation, we can see the r score, that is 0,107 when in determination coefficient with the result of r2 = 1,145%, so the relation is too weak.
The conclusion is the progression level of sport exercise have not fully support the high school student’s academic achievement in Sidoarjo yet.
Keywords: Sport Exercise Progression Level, Academic Achievement
PDF Downloads: 21