PENERAPAN MODIFIKASI MEDIA BOLA SPON PADA HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLAVOLI KELAS VII SMPLB-B KARYA MULIA SURABAYA

  • PRAMUDYA BAGUS A

Abstract

Abstrak

Modifikasi olahraga dalam pembelajaran merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar guru harus lebih bervariasi dalam pembelajaranagar siswa tidak merasa jenuh.Peranan modifikasi olahraga dalam pembelajaran sangat dibutuhkan oleh semua guru. Dengan adanya modifikasi olahraga, diharapkan materi pelajaran bisa tersampaikan dengan baik dan pembelajaran bisa berjalan efektiv dan menyenangkan. Dalam penelitian ini peneliti lebih mengarah ke bolavoli terutama service bawah, karena service bawah merupakan teknik dasar yang paling mudah dilakukan oleh seorang pemula yang baru belajar bolavoli. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba menerapkan pembelajaran menggunakan modifikasi bola spon untuk mempermudah siswa dalam belajar teknik dasar service bawah bolavoli.dengan modifikasi media bola spon ini diharapkan dapat merangsang anak didik agar lebih giat belajar, lebih  bertanggung jawab, meningkatkan hasil belajar dan menyadarkan siswa untuk selalu memanfaatkan waktu senggangnya untuk hal-hal yang menunjang belajar dengan mengisi kegiatan-kegiatan yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi media bola spon dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar service bawah bolavoli.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPLB-BKarya Mulia Surabaya..

Dari hasil penghitungan statistik dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan modifikasi media bola spon dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar service bawah bolavoli yang dibuktikan dari nilai 4,855> 2,228dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya diketahui sebesar 39,09%.

Kata Kunci: Modifikasi media bola spon, hasil belajar, service bawah bolavoli

 

Abstract

Modifications in the learning exercise is one of the keys to success in learning activities. In the learning process the teacher should be varied in learning so that students do not feel bored. The role of modifications in the learning exercise is needed by all teachers . With the modification of exercise , the subject matter is expected to be conveyed properly and can run equally effective learning and fun. In this research leads to lower service especially volleyball , because the service under a basic technique that is most easily done by a beginner just learning volleyball. Therefore, researchers want to try to apply the learning to use sponge balls modifications to facilitate students in learning the basic techniques down bolavoli.dengan modification service media sponge ball is expected to stimulate the students to be more active learning, more accountable, improve learning outcomes and sensitize students to always take advantage of his free time for the things that support learning by filling in positive activities. This study aims to determine the effect of medium modifications sponge ball in physical education lessons on learning outcomes of service under volleyball. This research is descriptive quantitative approach to experiment with. Subjects in this study were students of class VII SMPLB-B Kaya Mulia Surabaya.From the results of statistical calculation can be concluded that there is a significant effect modification sponge ball media in teaching physical education on learning outcomes of service under which proved of value volleyball t_count 4 ,855 > t_table 2,228 with significant level of 0.05 . While the greatest effect is found to be 39.09 % .

Keywords : media Modification ball sponge , learning outcomes , under service volleyball

Published
2014-11-22
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 34