PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) DAN PROBLEM BASE INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING MELAMBUNG SEPAKBOLA KELAS IX SMPN 1 SUGIO LAMONGAN

  • AGIEL DANAR BAGASTYA

Abstract

Abstrak

Passing adalah cara memindahkan bola dengan waktu yang cepat dan sasaran yang tepat dari satu teman ke teman lainnya. Passing sering dilakukan menggunakan kaki dan dengan cara passing atas dan passing bawah. Jika dalam permainan sepakbola tidak bisa passing dengan tepat sasaran maka permainan pun akan terhambat bahkan kerjasama tim dalam penguasaan bola tidak dapat berjalan. Banyak model pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gerak dasar passing. Akan tetapi kenyataaannya saat praktik di lapangan masih banyak siswa yang belum mampu menguasainya dengan model pembelajaran yang telah diterapkan oleh guru. Untuk itu diperlukan model pembelajaran lain yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengusai materi gerak dasar passing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara model pembelajaran Direct Instruction dan Problem Base Instruction, serta untuk mengetahui model pembelajaran  mana yang cocok untuk diterapkan kepada siswa. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction memberikan dampak yang lebih baik yaitu sebesar 29,29%, sedangkan model pembelajaran Problem Base Instruction memberikan dampak sebesar 16,23% terhadap hasil belajar passing melambung sepakbola.

Kata Kunci: Gerak dasar passing melambung sepakbola, model pembelajaran direct instruction, model pembelajaran problem base instruction, hasil belajar.

Abstract

Passing is the way to move a ball quickly to appropriate target from one to another. Passing is often done by using leg and with up and down passing. If the player cannot do passing rightly so the game is obstructed and even the ball possession doesn’t work. .There are many models of study that has been used to improve the ability of students in having a command of the based movement of passing. But a matter of fact, there are still many students who have not had a command of the models that have been implied by the teachers. Therefore it is needed another model to improve the ability of students in having a command of based passing movement material. The purpose of this research is to know about the comparison between Direct Instruction and Problem Base Instruction model as well as to know which models of study that is appropriate to be implied to the students. Based on the research can be concluded that Direct Instruction and Problem Base Instruction model gives a better result as big as 29,29%, whereas problem base instruction model gives 16,23% only to the result of bouncing football passing.

Keywords: Base movement of bouncing football passing, direct instruction study model, problem base instruction study model, study result.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 76