PENERAPAN MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SDN MANUKAN WETAN II-555

  • BAMBANG S TOMY

Abstract

Abstrak

Dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan di SDN Manukan Wetan II-555 Surabaya telah melaksanakan pembelajaran passing sepak bola namun belum mencapai hasil yang optimal. Pada pembelajaran sebelumnya guru menggunakan model pembelajaran lansung yang memiliki kelemahan, yaitu: guru mendominasi dalam pembelajaran, kurangnya hubungan timbal balik, siswa individualis dan kurang kerjasama. Di samping itu modifikasi yang seharusnya dilakukan dalam pembelajaran pendidikan jasmani tidak nampak. Hal ini terlihat dari penilain yang sudah dilakukan pada kelas V SDN Manukan Wetan II-555 Surabaya, terdapat 28 siswa atau 77,78% mendapat kriteria kurang dan 8 siswa mendapat nilai 70 ke atas atau 22,22% mendapat kriteria baik. Maka penelitian ini yang menggunakan penerapan modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing sepak bola dengan menggunakan pendekatan peneliti adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan dalam ruang lingkup kelas yakni penelitian tindak kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Manukan Wetan II-555 Surabaya. Hal ini dikarenakan semua permasalahan yang muncul terdapat dikelas ini. Adapun jumlah seluruh siswa siswa berjumlah 36 orang dengan karakteristik jenis kelamin, laki-laki sebanyak 20 orang, sedangkan perempuan sebanyak 16.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: pada siklus 1, berhasil melampaui KKM sebanyak 20 siswa atau 55,55% dikatakan hasil penerapan metode pembelajaran belum tuntas. Pada siklus 2, berhasil meampaui KKM sebanyak 30 siswa atau 83.33%. karena persentase lebih besar 75,00% maka hal ini dapat dikatakan tuntas. Untk rata-rata ketuntasan passing sepak bola, studi awal hasilnya sebesar 22,22% dan studi akhir hasilnya 83,33%. Maka peningkatan hasil belajar passing sepak bola sebelum dan setelah menerima penerepan meodifikasi bola sebesar 28%.

Kata Kunci: penelitian tindak kelas (PTK), Penerapan modifikasi bola dan passing sepak bola.

Abstract

In teaching physical education in the health exercise SDN Manukan Wetan II - 555 Surabaya has been implementing learning passing football but has yet to achieve optimal results. In the previous lesson the teacher uses direct learning model that has drawbacks, namely: teachers dominate in learning, lack of mutual relations, students individualistic and less cooperation. In addition to the modifications that should be made ​​in teaching physical education does not appear. This is evident from the assessment that has been conducted on the class V SDN Manukan Wetan II - 555 Surabaya, there are 28 students or 77.78% got less criteria and 8 students scored above 70 or 22.22% got both criteria. So this study is to use a modified application of the ball can improve student learning outcomes.

The purpose of this study was to determine the improvement of learning outcomes passing football using researcher approach is experimental study using action research approach within the scope of the study follow- grade class ( PTK ). Subjects of this study were fifth grade students of SDN Manukan Wetan II - 555 Surabaya. This is because all of the problems that arise are in this class. The total number of students for the 36 people with the characteristics of gender, males were 20 people, while as many as 16 women.

The results of the study are as follows: 1 cycle, KKM surpassed many as 20 students or 55.55% said the results of the application of learning methods has not been completed. In cycle 2, KKM meampaui managed as many as 30 students or 83.33%. because a greater percentage of 75.00% then it can be said completely. Remedy average completeness passing football, the results of the initial study 22.22 % and 83.33% final study outcome. So the increase in learning outcomes passing football before and after receiving the ball meodifikasi application by 28 %.

Keywords: research follow- grade ( PTK ) , Application of a modified ball and passing the football

Published
2014-11-22
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 46