PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SOFTBALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Surabaya)

  • BUDI UTOMO

Abstract

Abstrak 

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang dilakukan guna mewujudkan suasana belajar yang nyaman sehingga peserta didik aktif dalam mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah wahana untuk mendidik anak, yang mempunyai tujuan yang jelas yang bersifat menyeluruh, dan tujuan ini akan dicapai melalui penyediaan pengalaman langsung dan nyata berupa aktivitas jasmani. Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswi yang sedang belajar untuk melakukan perubahan tingkah laku yang lebih baik dan terarah. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan perlu adanya motivasi, baik motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri maupun motivasi yang berasal dari luar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan modifikasi permainan softball terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 24 Surabaya. Dengan jumlah sampel 63 siswa yang terdiri dari 31 siswa kelas VII A dan 32 siswa kelas VII C. Data pada penelitian ini adalah nilai angket motivasi belajar yang diperoleh dari siswa dengan mengisi angket motivasi belajar yang telah disiapkan peneliti. Pengisian angket dilakukan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penerapan modifikasi permainan softball terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 24 Surabaya yang dibuktikan dari hasil uji t hitung 1,95 < nilai t tabel 1,99.

Kata Kunci: Modifikasi permainan softball, motivasi belajar siswa dalam penjasorkes

Abstract

Education is a conscious and deliberate effort was made to create an atmosphere conducive learning so that learners are active in developing her potential. Physical education, sport andhealth is a vehicle for educating children, who have a clear purpose that is comprehensive, and this goal will be achieved through the provision of direct experience and a real form of physical activity. The nature of motivation to learn is internal and external encouragement to students who are learning to change behavior and better targeted. In teaching physical education, sport and health need for motivation, whether motivation that comes from within themselves as well as the motivation that comes from outside.

The purpose of this study was to determine whether there is the effect of applying a modified game of softball to learning motivation student in physical education, sport and health in students of class VII A as the experimental group and class VII C as a control group in SMP Negeri 24 Surabaya with a sample of 63 students consisting of 31 students of class VII A and 32 students of class VII C.

The data in this study is the test scores obtained from the learning motivation of students by completing a learning motivation questionnaire that has been prepared by researchers. Completion of the questionnaire was conducted to determine learning motivation studentin physical education. Data retrieved by collecting all of the students sampled into a single class. All students completed a questionnaire together and the completed questionnaires were collected for analysis.From these results it can be concluded that there is no effect of applying a modified game of softball against the students' motivation in learning physical education, sport and health in SMP Negeri 24 Surabaya as evidenced from the results of the t test 1,95 < t table value of 1.99.

Keywords: Modified softball game, learning motivation of Physical Education

Published
2014-11-22
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 49