SURVEI PEMAHAMAN GURU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI  SE KECAMATAN LAMONGAN (Studi Pada Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X SMA Negeri Se Kecamatan Lamongan Tahun 2014)

  • SRI ARUM LESTARI

Abstract

Abstrak

Guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik, serta memiliki integritas dan kreatifitas yang luas. Sebagai guru dalam bidang studi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Kurikulum 2013 dituntut untuk mampu mengaplikasikan materi ke dalam bentuk Tematik Integratif, yaitu model pembelajaran yang diarahkan pada pendidikan karakter dan mengintegrasikan isi pembelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru dan sejauh mana pemahaman guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri se Kecamatan Lamongan, yaitu SMA Negeri 1 Lamongan, SMA Negeri 2 Lamongan dan SMA Negeri 3 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen menggunakan desain penelitian survei, serta kusioner sebagai alat pengumpulan data, yaitu Monitoring dan Implementasi Kurikulum 2013 yang bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian disebarkan pada guru kelas X (Sepuluh) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri se Kecamatan Lamongan. Analisis data persentase menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Hasil persentase menunjukan SMA Negeri 1 Lamongan sebesar 77,89855072 % berada dalam kategori tinggi, SMA Negeri 2 Lamongan sebesar 82,69565217 % berada dalam kategori sangat tinggi, dan SMA Negeri 3 Lamongan sebesar 73,55072463 % berada dalam kategori tinggi. Simpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri se Kecamatan Lamongan, secara keseluruhan bahwa tingkat pemahaman guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Pelaksanaan Kurikulum 2013, Survei Pemahaman Guru.

Abstract

Teachers have an important role in improving the quality of the learners study, as well as having integrity and broad creativity. As Physical Education Sports and Health teacher in the Curriculum 2013 are required to apply the shape into material of Thematic Integrative, that is directed of  learning role at the character education and integrate of learning contents with other subjects. Therefore, this research was carried on as mean to know how the teacher understanding and how far the teachers understand about Curriculum Implementation 2013 in Physical Education Sports and Health at State Senior High School of Lamongan district, that is Senior High School 1 of Lamongan, Senior High School 2 of Lamongan then Senior High School 3 of Lamongan. This kind of research is non experiment, using survey research design, and questionnaire as a data tools, the questionnaire is a Monitoring of Curriculum Implementation 2013 based from the Ministry of Education and Culture, after then disseminated to Physical Education Sport and Health teacher ten class at State Senior High School of Lamongan district. Data percentage using the analysis of Descriptive Quantitative. Result of percentage at State Senior High School of Lamongan District showed Senior High School 1 of Lamongan as 77,53623188 % in high category, Senior High School 2 of Lamongan as 82,24637681 % in very high category, and Senior High School 3 of Lamongan as 73,1884058 % in high category. Research of conclusion for doing at State Senior High School of District Lamongan, totality of result has for teacher level understanding to implemented of Curriculum 2013 in Physical Education Sport and Health is high category.

Keywords: Physical Education Sport and Health, Implementation Curriculum 2013, Survey of Teachers Understanding.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 157