PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CANDI SIDOARJO)

  • DWI RIZKI WIJANARKO

Abstract

Abstrak 

Salah satu cara untuk menyampaikan pengajaran yang kreatif dan inovatif adalah dengan cara memodifikasi sebuah pembelajaran agar lebih menarik serta membuat siswa menjadi antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Dalam hubungan motivasi dengan kegiatan belajar yang terpenting adalah bagaimana menciptakan kondisi atau suatu proses yang mengarahkan siswa untuk melakukan aktivitas belajar dan bagaimana guru juga melakukan usaha-usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan motivasi agar siswa melakukan aktivitas belajar yang baik, begitu juga dalam pembelajaran olahraga permainan sepakbola. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan sepakbola terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII SMPNegeri 2 Candi Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh modifikasi permainan sepakbola terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII SMPNegeri 2 Candi Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa modifikasi permainan sepakbola dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan sebesar 6,06%. Untuk motivasi belajar ada peningkatan dari hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji-t sampel berpasangan dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,51 > 1,69). Sehingga dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan melalui modifikasi permainan sepakbola untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikanjasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII-F di SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo.

Kata Kunci: Modifikasi, Permainan Sepakbola, dan Motivasi Siswa

Abstract

One way to deliver creative and innovative teaching is a way to modify a lesson to make it more attractive as well as making students become enthusiastic and active in following the teaching of physical education, sport and health. In connection with the motivation to learn the most important activities is to create a condition or a process that directs students to perform learning activities and how teachers are also making efforts to be able to grow and provide motivation for students to do a good learning activities, as well as in learning the sport football game. The purposeofthis studyis(1) To determine the effect of modification of the game of football to motivate the students to follow the learning of physical education, sport and health in students of class VII Candi 2 Junior High School Sidoarjo. (2) To determine the influence of modification of the game of football to motivate the students to follow the learning of physical education, sport and health in students of class VII Candi 2 Junior High School Sidoarjo. Based on this research, it is known that the modification of the game of football can enhance students' motivation inparticipating in learning physical education, sport and health of 6.06%. For motivation to learn there was an increase from the pre-test and post-test with the results of paired samples t-test with t-count is greater than t-table (5.51>1.69). So in other wordsit can be concluded that no significant effect modification through the game of football to in crease students' motivation in learning physical education, sport and health in students of class VII-F in the Candi 2 Junior High School Sidoarjo.

Keywords: Modification, Football Games, and Student Motivation

Published
2014-11-22
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 116