PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLAVOLI (Studi pada Siswa Kelas V SDN Pademawu Barat I Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan)

  • YOFA ANSHORUL MUKMININ

Abstract

Abstrak

Seorang guru harus mengikuti perkembangan IPTEK dan menggunakan sarana yang ada untuk meningkatkan pembelajaran penjasorkes dan juga siswa bisa lebih mengerti tentang materi yang akan dipelajari. Dengan penggunaan media pembelajaran audiovisual diharapkan akan ada pengaruh terhadap hasil belajar service bawah bolavoli. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan pada hasil belajar service bawah bolavoli siswa kelas V SDN Pademawu Barat I dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual (video) (2) Seberapa besar perbedaan hasil belajar service bawah bolavoli siswa kelas V SDN Pademawu Barat I dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual (video). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar service bawah bolavoli siswa kelas V SDN Pademawu Barat I dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual (video).

Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen dengan pendekatan deskriptif  kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Pademawu Barat I yang berjumlah 44 siswa.

Dari hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa selama 4 kali ada perlakuan perbedaan atau ada pengaruh pada hasil belajar service bawah bolavoli siswa kelas V SDN Pademawu Barat I dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual (video) yang dibuktikan oleh hasil uji beda pretest dan posttest menggunakan rumus uji t dependent yang menghasilkan nilai t hitung sebesar 7,075>t tabel dengan nilai sebesar 2,011 dalam taraf signifikan sebesar 5%. Sedangkan besar perbedaan penerapan media pembelajaran audiovisual (video) terhadap hasil belajar service bawah bolavoli pada siswa kelas V SDN Pademawu Barat I adalah sebesar 10,05%.

Kata Kunci: Media pembelajaran audiovisual, Hasil belajar, Service bawah bolavoli.

Abstract

A teacher must follow the development of science and technology and the use of existing facilities to improve student learning Penjasorkes and also the students can get better understand tothe material to be studied. With the use of audiovisual learning mediait is expected to has impact on the underhand serve learning outcomes of volleyball. The problem in this study were (1) Are there any differences in theunderhand serve learning outcomesof volleyball for the fifth grade studentsat SDN Pademawu Barat 1 using audiovisual learning media (video) (2) How big is the difference in the underhand serve learning outcomes of volleyball for the fifth grade students at SDN Pademawu Barat 1 using audiovisual learning media (video). This study is to determine the underhand serve learning outcomes of volleyball for the fifth grade students at SDN Pademawu Barat 1 using audiovisual learning media (video).

This research is praeksperimen research which is use a descriptive quantitative method. Research subject is the students in the fifth grade at SDN Pademawu Barat I, consist of 44 students.

From the general results of this research can be concluded that for 4 times treatments occur differences or effects on the underhand serve learning outcomes of volleyball for the fifth grade students at SDN Pademawu Barat 1 using audiovisual learning media (video) using audiovisual learning media (video) as evidenced by the different test results between pretest and posttest using dependent t-test that show t value of 7,075> t table with 2,011 in a significant level of 5%. While large differences in the application of audiovisual learning media (video) on the underhand serve learning outcomes of volleyball for the fifth grade students at SDN PademawuBarat 1 using audiovisual learning media (video) is up to 10,05%.

Keywords: Audiovisual learning media, learning outcomes, underhand serve of volleyball.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 166