PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun Lumajang)

Authors

  • IKA SUCI WULANDARI

Abstract

Abstrak

Proses pembelajaran pendidikan jasmani berlangsung karena terjadi interaksi antara pendidik dan peserta didik. Interaksi ini melibatkan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Guru yang mempengaruhi berhasil tidaknya proses belajar, dan karenanya guru harus menguasai prinsip-prinsip belajar disamping menguasai materi yang akan diajarkan agar tujuan pembelajaran dicapai

Teknik dasar bolavoli yaitu passing bawah diharapkan dapat menunjang dan mencapai tujuan belajar. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, guru harus dapat mengajarkan berbagai keterampilan gerak dasar, salah satunya adalah passing bawah bolavoli. Salah satu cara untuk menghidupkan peserta didik agar  pada saat kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik, dan peserta didik aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani yaitu dengan pemberian reward and punishment. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui apakah ada dan seberapa besar pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah bolavoli siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun  Lumajang ini, dengan jumlah sampel 75 siswa yang terdiri dari 38 siswa kelompok eksperimen (reward and punishment) dan 37 siswa kelompok kontrol. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah bolavoli yang dibuktikan dari nilai thitung2,52> ttabel1,995 dengan taraf signifikasi 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya diketahui sebesar  4,08% untuk kelompok eksperimen dan 3,40% untuk kelompok kontrol.

Kata Kunci: Reward and Punishment, Motivasi belajar, passing bawah bolavoli.

Abstract

Physical education learning process takes place due to the interaction between educators and learners. These interaction involve teachers as educators and students as learners. Teachers that affect the succes of the learning process, and therefore the teacher must master the principles of learning in addition to mastering the material that will be taught in order to achieve the learning objectives. Basic techniques of volleyball that is expected to support the passing under and achieve learning objectives. In the learning process of physical education, the teacher must be able to teach a variety of basic motor skills, one of which is passing under volleyball. One way for students to turn on when the learning activities went well, and the students actively participating in learning activities in physical education is gift reward and punishment. This research has purpose, 1) To know whether there is and to see how big effect of gift reward and punishment to the students’ motivation in learning passing under volleyball in class VIII State Junior High School 1 Yosowilangun Luamajng, with amount of samples 75 students, consist of 38 student in experiment group (reward and punishment) and 37 students in control group.

Based on research has done, can take a conclusion that there is significant effect of peer tutor to football dribble learning result, which proven by value thitung2,52> ttabel1,995 with significant degree 0,05. Whereas, amount of effect level 4,08% for experiment groups and 3,40% for control groups.

Keywords: Reward and Punishment, motivation result, passing under volleyball.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-11-22
Abstract views: 515 , PDF Downloads: 1310