PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASILBELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET (Studi pada siswa kelas X SMKN 10 Surabaya)

  • YETTI MARISA P

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani olahraga, dan kesehatan adalah sebuah program pembelajaran yang mengarah kepada kebutuhan siswa untuk mengembangkan konsep gerak yang dapat menumbuhkan kemampuan dan rasa percaya diri siswa. Guru sangat berperan penting dalam mengembangkan siswa yang didiknya. Seorang guru perlu memberikan sebuah metode atau model pembelajaran yang dapat menciptakan interaksi yang lebih luas dan komunikasi. Untuk itu di perlukan sebuah model pembelajaran yang di rancang dapat mengembangkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif kepala bernomor sama pada siswa kelas X  SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajarankooperatif tipe numbered heads together mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi passing  dada dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor sama terhadap hasil belajar passing dada kelas X SMK Negeri 10 Surabaya ini, dengan jumlah sampel 40 siswa. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kepala bernomor sama terhadap hasil belajar dribble sepakbola yang dibuktikan dari nilai thitung 10,180 > ttabel 1,688 dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya diketahui sebesar  21,25% .

Kata Kunci: Model pembelajaran kepala bernomor sama, hasil belajar, passing dada, bola basket.

Abstract

Physical, sport , and health education, is a learning program that leads to the need for students to develop the concept of motion and ability to foster students' self-confidence. Teachers play an important role in developing students who are students. A teacher needs to provide a method or model of learning that can create greater interaction and komunikasi. For it is in need of a model of learning that is designed to develop student learning outcomes with cooperative learning model numbered heads together in class X State Vocational High School 10. This study aims to determine whether there is influence of the type of models pembelajarankooperatif numbered heads together can improve student learning outcomes in the chest and passing the material to determine how much influence cooperative learning model numbered heads togther on learning outcomes passing grade chest X State Vocational High School 10, the sample size of 40 students. Based on the research that has been done can be concluded that there is a significant effect of learning models numbered heads together on learning outcomes as evidenced soccer dribble from 10.180 tcount> ttable 1.688 with significance level of 0.05. While the greatest effect is found to be 21.25%.

Keywords: The learning model numbered heads together, learning outcomes,  chest pass, basket ball.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 56